Menyedihkan! Pulau Terluar di Natuna Belum Terjamah Koneksi Internet

Kamis, 13 April 2023 - 13:33 WIB
loading...
Menyedihkan! Pulau Terluar di Natuna Belum Terjamah Koneksi Internet
Pulau Laut yang merupakan wilayah terluar di Kabupaten Natuna, Kepri tidak terjamah koneksi internet. Hal tersebut dianggap mengancam kedaulatan NKRI. Foto/iNews Tv/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Pulau Laut yang merupakan wilayah terluar di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) tidak terjamah koneksi internet. Hal tersebut dianggap membahayakan dan dapat mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terhadap negara asing.

"Kita khawatir ada gangguan dari luar terhadap NKRI. Dan ini sangat bahaya serta rentan. Ketika ada gangguan, masyarakat terluar mau laporkan tapi tak ada internet," ujar Camat Pulau Laut, Bambang Erawan, Kamis (13/04/2023).



Bambang menuturkan, Pulau Laut merupakan pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia seperti Vietnam, Thailand, hingga China.

Selain itu, di perairan pulau tersebut sering terjadi illegal fishing dari negara-negata tersebut.

Ada tiga desa di Pulau Laut yakni Desa Air Payang, Desa Tanjung Pala, dan Desa Kadur. Namun hanya satu desa yang tersambung dengan jaringan internet.

"Cuma di Desa Air Payang yang pakai sinyal Telkomsel. Dua desa lagi tidak dan keduanya merupakan desa di pulau terluar," katanya.



Menurutnya, ada 500 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Desa Kadur dan Desa Tanjung Pala pada Pulau Laut. Masyarakat di dua desa tersebut sangat membutuhkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

"Anak sekolah ke desa sebelah kalau mau dapat sambungan internet. Begitu juga kegiatan pemerintahan desa. Tapi yang kita khawatirkan adalah gangguan dari negara luar terhadap NKRI kalau tidak ada internet," katanya.

Pemerintah diharapkan mampu memasang jaringan internet di pulau terluar Indonesia tersebut. Lantaran pembangunan dan pemerataan dapat dirasakan oleh masyarakat di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Pulau Sekatung merupakan pulau terluar yang masuk dalam Desa Tanjung Pala. Namun jaringan internet di pulau tersebut khusus untuk para petugas pengamanan pulau terluar.

"Kita harap pemerintah bisa pasang jaringan internet di Pulau Laut. Nah kalau Pulau Sekatung itu sinyal khusus dan ada di Desa Tanjung Pala. Tapi kita tidak mungkin ke pamputer karena harus menyebrangi laut," paparnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4053 seconds (0.1#10.140)