Komisi 8 DPR Ajak Pelaku UMKM Urus Sertifikat Halal

Kamis, 13 April 2023 - 08:40 WIB
loading...
Komisi 8 DPR Ajak Pelaku UMKM Urus Sertifikat Halal
Anggota Komisi 8 DPR Fraksi PKB Kang Maman saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Sertifikasi Halal bersama BPJPH di Subang. Foto/dokumen pribadi Kang Maman
A A A
SUBANG - Anggota DPR RI Kang Maman (KH Maman Imanulhaq) mengajak para pelaku UMKM untuk segera mengurus sertifikat halal. Sertifikat halal memiliki nilai penting, sebagai jaminan atas kualitas produk yang dipasarkan.



Hal itu disampaikan Kang Maman saat menghadiri acara sosialisasi Sertifikasi Halal bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama (Kemenag) di Pondok Pesantren Al-Mansuriyah, Desa Sumbersari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Rabu (12/4/2023).

"Silakan pelaku UMKM lakukan sertifikasi halal untuk menjamin kualitas produk," ujar Anggota Komisi 8 DPR dari Fraksi PKB ini.
Koordinator Bagian Organisasi Kepegawaian dan Hukum BPJPH Abjan Halek menjelaskan, tahun 2024 mendatang ditargetkan tidak ada lagi produk makanan yang belum tersertifikasi halal.

Untuk mewujudkan target itu, BPJHP gencar turun ke lapangan guna memberi pemahaman kepada pelaku UMKM terkait proses pembuatan sertifikasi halal atas sebuah produk. "Tahun 2024, tidak ada lagi produk yang tidak halal," tegas dia.

Kabid Kurais Kanwil Jabar Ahmad Fatoni menyampaikan, sosialisasi produk halal memang terus digencarkan. Namun, fakta di lapangan masih banyak ditemukan kendala.

"Kami menemukan banyak pendamping (sertifikasi halal) yang hanya tercantum namanya saja. Tapi tidak bekerja," tegas dia.

Menyikapi hal itu, jelas dia, pihaknya terus melakukan pembinaan dan evaluasi, agar kinerja para pendamping bisa berjalan dengan baik dan benar-benar bisa membantu para pelaku UMKM.

Sementara, sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala Kemenag Subang Ali Mashuri beserta jajaran, Ketua DPC PKB Subang beserta jajaran, dan para pelaku UMKM di Kabupaten Subang.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)