Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel Salurkan Bantuan di OKU Timur

Minggu, 09 April 2023 - 21:23 WIB
loading...
Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel Salurkan Bantuan di OKU Timur
Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel memberikan bantuan jala ikan kepada kelompok nelayan sungai di Desa Rasuan, Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten OKU Timur. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
OKU TIMUR - Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel memberikan bantuan jala ikan kepada kelompok nelayan sungai di Desa Rasuan, Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. bantuan tersebut ditunjukkan untuk mendukung aktivitas sekaligus meningkatkan produksi para pelaut.

"Kami memberikan bantuan kepada nelayan berupa jala. Itu agar nelayan lebih produktif lagi dalam menangkap ikan," kata Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Sumsel Heldi Bagja dalam siaran persnya, Minggu, 9 April 2023.

Relawan juga memberikan bibit ikan bila kepada para nelayan. Ratusan bibit tersebut pun dilepaskan di Sungai Komering yang berada tepat di samping Desa Rasuan.

Pelepasan bibit ini merupakan bentuk kepedulian relawan terhadap ekosistem alam. "Selain nelayan ini menangkap ikan di sungai, tak lupa juga kami mengedukasi untuk menebar bibit ikan di sungai sebagai bentuk menjaga ekosistem makhluk hidup di sungai. Biar ikan itu lama-lama berkembang biak dengan sendirinya. Karena ada makanan sendiri kan di sungai," sebutnya.

Ini menjadi salah satu aksi para relawan dalam rangkaian kegiatan mereka yang bertujuan menyejahterakan nelayan kecil. Dalam kunjungannya ke Desa Rasuan, mereka juga sosialisasi perihal tata cara menjaga lingkungan sungai.

Seperti tidak membuang sampah dan segala jenis limbah ke sungai. Merawat tanaman di sekitar sungai hingga menghindari menangkap ikan menggunakan bahan kimia yang berpotensi mencemari air sungai.

Heldi menyebut kegiatan ini diselenggarakan karena terinspirasi figur Ganjar Pranowo yang sangat peduli pada nelayan kecil. Salah satu terobosannya adalah meluncurkan aplikasi Siandin yang membantu nelayan dalam mengakses informasi.

Mulai dari cuaca, berita, publikasi, hingga informasi soal ekspor hasil perikanan. "Karena kita terinspirasi dari Ganjar Pranowo, di manapun kami melaksanakan kegiatan, kami juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo," tandasnya.

Ketua kelompok nelayan Desa Rasuan, Andi Mahrum Sani menyebut, kehadiran relawan sangat membantu. Dia membenarkan kelompok nelayannya memang membutuhkan beberapa bantuan fasilitas untuk menunjang kerja mereka. Salah satunya jaring jala ikan.

"Manfaatnya sangat besar sekali terutama kami di daerah presisir ini. Dengan bantuan bibit ikan ini, menambah pendapatan ikan nelayan di sini," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)