Dengan Inovasi Terbaik, Kinerja dan Layanan BUMD di Tanah Air Terus Meningkat

Kamis, 06 April 2023 - 12:03 WIB
loading...
Dengan Inovasi Terbaik, Kinerja dan Layanan BUMD di Tanah Air Terus Meningkat
Pakar otonomi daerah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., menyatakan, ada sejumlah temuan menarik dari BUMD (badan usaha milik daerah) di Tanah Air yang patut diperhatikan. (Ist)
A A A
BANDUNG - Pakar otonomi daerah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., menyatakan, ada sejumlah temuan menarik dari BUMD (badan usaha milik daerah) di Tanah Air yang patut diperhatikan. Yaitu dalam hal kinerja dan layanan BUMD yang terus mengalami peningkatan.

“Secara umum, hampir semua BUMD telah banyak yang melakukan inovasi dalam mendukung peningkatan bisnis dan layanan kepada konsumennya,” kata Prof. Dr. Djo, panggilan akrab Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., saat memberikan sambutan di acara Penghargaan Top BUMD Awards 2023, Rabu, 05/04/2023.

“BUMD sektor Air Minum, tercatat sangat intens dalam melakukan inovasi untuk mendukung kinerja dan layanan kepada pelanggan, terutama inovasi yang berbasis teknologi digital,” tambahnya.

Sementara di BUMD sektor keuangan, terutama BPD, BPR dan BPR BKK, termasuk Jamkrida, yang saat pandemi terkena dampak yang sangat besar. Namun, berkat inovasi produk perbankan dan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan bisnisnya, maka BPD dan BPR-BPR itu, masih mampu meningkatkan kinerja dan layanannya dengan baik.

“Beberapa BPR juga telah mulai aktif melakukan kerjasama-kerjasama bisnis baik dengan sesama BPR maupun dengan pihak ketiga, untuk mendukung bisnisnya. Semakin banyak pula BPR dan BPRS yang concern serta lebih intens dan terukur, untuk melakukan pemberantasan rentenir di wilayah operasional,” kata Prof. Djo., yang pernah menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri 2010-2014.

Kemudian, lanjutnya, BPD-BPD makin intens dan inovatif serta lebih fokus mengalokasikan pembiayaannya, untuk membangun masyarakat daerahnya dan pembiayaan pemerintah daerahnya.

BUMD dan Dinas sektor pariwisata, adalah sektor yang paling besar terkena dampak pandemi COVID-19. Namun, dengan kesigapan dan inovasinya, mampu meredam tantangan yang ada.

Beberapa Pasar Daerah, juga berhasil menjalankan tambahan penugasan dari Pemda, untuk turut menjaga stabilitas harga dan pengengalian inflasi di daerah.

Papar Djohermansyah lagi, BUMD Sektor Infrastruktur dan Aneka Usaha, mampu bertahan dan menjaga kinerjanya di masa pasca-pandemi ini. Beberapa BUMD Aneka Usaha, juga terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan bisnis, dengan didukung oleh pengembangan SDM dan TI yang baik.

Adapun khusus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), juga terus melakukan banyak inovasi berbasis teknologi digital dalam memberikan layanan kepada masyarakat di daerah. Keberhasilan transformasi digital RSUD-RSUD di Indonesia, menjadi salah satu yang menonjol di kalangan BUMD dan BLUD di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)