Peduli Pekerja Seni, Hipmi Jabar Borong Lukisan Karya Ridwan Kamil

Senin, 20 Juli 2020 - 09:07 WIB
loading...
Peduli Pekerja Seni, Hipmi Jabar Borong Lukisan Karya Ridwan Kamil
Ketum BPD Hipmi Jabar, Surya Batara Kartika saat menyampaikan alasannya membeli lukisan karya Ridwan Kamil dalam acara konser lelang PWI Jaya The Story of Artist: Tribute for Artist. Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat, Surya Batara Kartika membeli lukisan karya Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam acara konser lelang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya "The Story of Artist: Tribute for Artist".

Lukisan bertuliskan "Allah" yang dipadu dengan berbagai warna itu merupakan lukisan kesayangan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil. Hasil penjualan lukisan tersebut akan disumbangkan kepada para pekerja seni, khususnya di bidang musik yang kini terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Menurut Surya Batara Kartika, pihaknya sengaja membeli lukisan tersebut sebagai bentuk kepedulian Hipmi Jabar terhadap pekerja seni yang terdampak COVID-19. Terlebih, kata dia, pekerja seni yang notabene pekerja ekonomi kreatif merupakan bagian keluarga besar Hipmi.

Sama halnya dengan para pekerja seni, lanjut Surya, para pengusaha yang tergabung di Hipmi pun sama-sama terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19. Namun, pihaknya tetap ingin berkontribusi sebagai wujud solidaritas dan empati bagi para pekerja seni.

"Tantangan besar bagi kami, kami pun terimbas COVID-19 ini. Secara ekonomi, kami para pelaku ekonomi di UMKM cukup terdampak keras. Tapi ini adalah bentuk solidaritas dan empati dari kami, apalagi pekerja seni adalah salah satu bagian keluarga kami, yaitu pelaku ekonomi kreatif," tutur Surya di Bandung , Senin (20/7/2020).

Dalam konser lelang yang dipandu Choky Sitohang dan diisi sejumlah penyanyi ternama, seperti Vina Panduwinata, Pasha Ungu, The Virgin, hingga Kotak itu, Surya optimistis, lewat kekompakan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, pandemi COVID-19 dapat segera dilalui bersama.

"Kami tergerak untuk membeli lukisan kesayangan Bapak Gubernur ini sebagai simbol bahwa kami bisa memberikan empati dan sama-sama kompak, solid, dan disiplin untuk melewati tantangan pandemi," kata Surya seraya mengaku akan memajang lukisan tersebut di Sekretariat Hipmi Jabar. (Baca juga : Mahasiswa Jalur SM ITB Harus Punya Saldo Rp100 Juta Viral di Medsos )

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang juga turut memberikan special speech and performance bersama Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan dalam acara yang digelar secara virtual akhir pekan kemarin itu mengakui, lukisannya yang dilelang merupakan lukisan kesayangannya. Menurutnya, lukisan tersebut bermakna bahwa Allah hadir di semua warna kehidupan.

"Saya sudah enam bulan hobi melukis. Ini lukisan kesayangan saya, saya pasang di musala saya saking sayangnya. Lukisannya tentang Allah, kaligrafi dengan paduan warna-warni karena di mata saya Tuhan itu hadir di semua dinamika pelangi kehidupan," tutur Kang Emil.

"Setiap salat saya melihat ke lukisan itu hati tenang. Kalau hati tenang, imunitas naik, dengan begitu memimpin Jawa Barat juga jadi rileks. Dan saking sayangnya saya ke artis-artis, lukisan yang saya suka ini saya lepas saja, mudah-mudahan orang yang mendapatkannya mendapat barokah juga," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)