Kabar Gembira! Terbang ke Kuala Lumpur Bisa dari BIJB Kertajati Majalengka Mulai Mei 2023

Rabu, 05 April 2023 - 12:59 WIB
loading...
Kabar Gembira! Terbang ke Kuala Lumpur Bisa dari BIJB Kertajati Majalengka Mulai Mei 2023
BIJB Kertajati Majalengka akan mulai beroperasi pertengahan 2023. Selain pemberangkatan ibadah haji, BIJB juga dikabarkan akan melayani penerbangan orang dari dan ke Kuala lumpur, Malaysia. Foto dok/SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan mulai beroperasi pertengahan 2023. Selain pemberangkatan ibadah haji, BIJB juga dikabarkan akan melayani penerbangan orang dari dan ke Kuala lumpur, Malaysia.



Penerbangan Kertajati (KJT)- Kuala lumpur (KUL) dan sebaliknya itu rencananya akan dilakukan pada Mei, yang dioperasikan oleh Maskapai AirAsia Berhard.
Direktur PT BIJB (Perseroda) Muhamad Singgih menjelaskan, pengoperasian rute internasional itu berdasarkan surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan pada 30/03/2023.

Singgih menilai hal itu sekaligus menandakan bahwa Bandara Kertajati telah siap untuk pelayanan penerbangan internasional, maupun domestik.

“Untuk Penerbangan Internasional Rute KJT-KUL dengan maskapai AirAsia Berhard tersebut, dimulai 17 Mei sampai 25 Oktober. Dijadwalkan beroperasi 2 kali dalam seminggu," kata Singgih.

Penerbangan internasional tersebut juga sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 2022 serta Satgas Covid-19 yang telah menetapkan Surat Edaran (SE) No: 25 Tahun 2022 yang menjadikan Bandara Internasional Kertajati sebagai Entry Point atau Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri.

“Ketetapan terkait dengan Bandara Kertajati sebagai Entry Point ini menjadikan pelayanan semakin optimal. Selain dapat melakukan penerbangan internasional, domestik dan kargo berjadwal, juga dapat melayani penerbangan tidak berjadwal," kata VP of Corporate Secretary & General Administration PT BIJB (Perseroda) Dian Nurrahman.

Sementara, pihak BIJB mengklaim, Bandara tersebut secara prinsip telah siap melayani berbagai macam layanan penerbangan. Bahkan, BIJB siap melayani penerbangan pesawat besar. Hal itu dibuktikan dengan mendaratnya pesawat Kargo terbesar di Dunia, Antonov AN 124-100 beberapa waktu lalu.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5237 seconds (0.1#10.140)