Bantu Ekonomi Keluarga, Emak-emak Belajar Bikin Nuget Ikan

Rabu, 05 April 2023 - 08:44 WIB
loading...
Bantu Ekonomi Keluarga, Emak-emak Belajar Bikin Nuget Ikan
Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan membuat nuget dari ikan laut di YPP Manbaul Maarif, Dusun Ngesong, Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Selasa (4/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LAMONGAN - Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan membuat nuget dari ikan laut. Nuget ini bernama Nutrisan yang berarti nutrisi untuk santri. Nutrisan merupakaan binaan dari Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU).

Kegiatan ini digelar Kiai Muda Jatim bersama ISNU dalam di YPP Manba'ul Ma'arif, Dusun Ngesong, Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Selasa (4/4/2023). Dalam pelatihan itu, masyarakat diajar teori-teori pembuatan nuget ikan itu, lalu mempraktikkannya. Mulai dari mempersiapkan bahan-bahan, mengolah, menggoreng hingga menyajikannya.

Korwil Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi mengatakan nuget ikan ini tercipta karena memanfaatkan potensi alam di Lamongan yang terkenal penghasil ikan berkualitas tinggi. "Alangkah baiknya kalau kita adakan pelatihan nuget ikan laut," kata Ali usai kegiatan.

Ali menjelaskan, nuget yang dibuat sudah melalui pemeriksaan kesehatan dari pihak berwenang. Sehingga masyarakat bisa membuat dan menjual nuget ikan itu secara luas ke seluruh daerah di Indonesia. "Nuget-nuget yang dibuat adalah nuget yang sehat, dari ikan hasil penangkapan nelayan sendiri," tegasnya.

Ali berharap masyarakat bisa berinovasi setelah diberikan pelatihan pembuatan nuget tersebut. Kemudian mereka berjualan sehingga tercipta penambahan nilai ekonomi bagi masyarakat. "Insyaallah nanti akan tercipta UMKM baru. Kami siap bantu pemasarannya," imbuhnya.

Ketua Yayasan Ponpes Mambaul Ma’arif, Saifuddin menuturkan masyarakat menyambut baik dan antusias dalam kegiatan ini. Dia pun menyampaikan terima kasih atas dedikasi yang diberikan relawan Kiai Muda Jatim membantu masyarakat. Kiai Muda juga turut memberikan peralatan masak kepada Ponpes tersebut.

"Tadi ibu-ibu sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan. Banyak yang tanya, banyak yang ingin lebih tahu pembuatan nuget itu," ucapnya.

Dalam acara itu juga diadakan doa bersama untuk kebaikan masyarakat Indonesia. Masyarakat Lamongan yang hadir turut mendoakan agar Ganjar Pranowo sehat, sukses selalu dan menjadi Presiden 2024. "Doa bersama seluruh masyarakat untuk kebaikan dan kemaslahatan negeri kita bersama Pak Ganjar," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)