Safari Ramadan ke Sumenep, Sinyal Khofifah Gandeng Achmad Fauzi di Pilgub 2024?

Senin, 03 April 2023 - 13:56 WIB
loading...
Safari Ramadan ke Sumenep, Sinyal Khofifah Gandeng Achmad Fauzi di Pilgub 2024?
Gubernur Khofifah Indar Parawansa tampak akrab dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memberikan bantuan untuk 500 anak yatim dan zakat produktif kepada 100 pelaku usaha ultra mikro
A A A
SUMENEP - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa tampak akrab dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memberikan bantuan untuk 500 anak yatim, termasuk pembagian zakat produktif kepada 100 pelaku usaha ultra mikro di Kabupaten Sumenep.

Kedua tokoh Jawa Timur itu kerap berbincang dan bersenandika di sela-sela acara. Bahkan, Khofifah menyempatkan untuk berbuka puasa dan salat tarawih berjamaah. Salat dilakukan di Masjid Jamik Sumenep, satu dari 10 masjid tertua di Nusantara.

“Arsitektur masjid ini memiliki kekhasan tersendiri dengan unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura,” puji Khofifah usai salat tarawih, Minggu (/2/4/2023) malam.

Dalam pertemuan dengan Khofifah di Sumenep, Achmad Fauzi turut mengungkapkan sejumlah langkah taktik mengentaskan kemiskinan. Salah satunya dengan memaksimalkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Menurut Fauzi, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Sumenep agar mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas Sumenep.

Baca juga: Bertemu Khofifah di Tabligh Akbar MAS, Pengurus Perindo Mas Kiai Rifqi Bahas Banyak Hal

Tujuannya agar zakat infak dan sedekah dikelola oleh Baznas Sumenep, lalu dipakai untuk kegiatan-kegiatan positif, seperti membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep memberikan dukungan penuh kepada Baznas Sumenep untuk melakukan kegiatan-kegitan positif,” kata Fauzi di hadapan Khofifah.

Sementara itu, Safari Ramadan Khofifah ke Sumenep menguatkan sinyal politik jelang Pilkada 2024. Hasil jajak pendapat Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Achmad Fauzi menjadi figur alternatif selain Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak untuk dipinang Khofifah.

Bupati Sumenep, menurut Direktur ARCI Baihaki Siratj, bisa menjadi opsi sebagai calon wakil gubernur bagi Khofifah. Itu karena saat dipasangkan dengan Khofifah, elektabilitasnya mencapai 48,7 persen. Artinya, Achmad Fauzi yang juga Ketua DPC PDIP Sumenep berpeluang masuk Grahadi.

“Angka ini jauh di atas pasangan Emil-Thoriqul Haq 27,8 persen, Halim Iskandar-Ahmad Yani 14,9 persen, sedangkan 8,6 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab,” jelas Baihaki.

Selain itu, dalam simulasi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur tahun 2024 yang dilakukan ARCI, duet Khofifah dan Achmad Fauzi paling diminati responden.

Duet Khofifah-Fauzi menempati urutan pertama dengan 41,3 persen. Kemudian ada pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas dengan elektabilitas 15,7 persen, serta Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi dengan 19,5 persen. “Simulasi ini bisa menggambarkan peran tokoh muda di kancah politik,” kata Baihaqi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)