Dorong Kemandirian Santri, SDG Gelar Pelatihan Ternak Kambing

Minggu, 02 April 2023 - 10:59 WIB
loading...
Dorong Kemandirian Santri, SDG Gelar Pelatihan Ternak Kambing
Relawan SDG Banten memberikan pelatihan budidaya ternak kambing kepada santri Ponpes Darul Mutaalimin, Kota Cilegon, Sabtu (1/4/2023). Tujuan kegiatan ini mencetak santri yang terampil berwirausaha. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CILEGON - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Banten memberikan pelatihan budidaya ternak kambing kepada puluhan santri Ponpes Darul Mutaalimin, Kota Cilegon. Tujuan kegiatan ini mencetak santri yang terampil berwirausaha.

Korwil SDG Banten Yury Alam Fathallah mengatakan santri berperan meningkatkan pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis keumatan. "Kami lakukan pelatihan budi daya kambing kepada para santri di kota Cilegon. Ini merupakan wujud komitmen SDG dalam mendukung program kewirausahaan di pesantren," kata Yury, Sabtu (1/4/2023).

Dalam kesempatan ini, SDG menyerahkan enam ekor kambing kepada Ponpes Darul Mutaalimin. Yury berharap, dengan bantuan ini bisa mengoptimalkan pembelajaran santri dalam pembudidayaan kambing.

"Harapannya, produktivitas makin meningkat dan santri bisa terus mengoptimalkan pembelajaran hingga hasilnya bisa dimanfaatkan oleh santri," ujarnya.

Selain itu upaya lain terus dilakukan SDG dalam menyusun program pemberdayaan bagi para santri. Sejauh ini program pemberdayaan santri yang sudah dilakukan adalah menjahit dan ternak kambing. “Ke depan kami akan upayakan untuk masuk lahan pertanian seperti budi daya cabai," tambahnya.

SDG Banten berkomitmen terus melakukan pendampingan terhadap ponpes yang sudah dilakukan sosialisasi. Hal tersebut agar proses pelatihan dapat terkontrol hingga santri bisa mengimplementasikan di masyarakat.

"Kalau dampak langsung sih belum. Semuanya masih proses. Tetapi kami akan kawal terus dengan melakukan pendampingan secara berkesinambungan," lanjutnya.

Lurah Ponpes Darul Mutaalimin, Zen Solihin mengatakan, pihaknya membekali skill para santri untuk meningkatkan kapasitas mereka. Dengan demikian para santri terampil mengelola unit usaha di bidang peternakan.

"Dampak positifnya, santri mempunyai soft skill dalam bidang ternak kambing. Selepas dari pondok, santri tersebut kami harapkan bisa melanjutkan keterampilan yang sudah diperoleh untuk menjadi wirausaha dan mendorong pembangunan ekonomi masyarakat sekitar," tambahnya.

Zen berharap kerjasama kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi Ponpes Darul Mutaalimin memiliki banyak lahan dan potensi yang bisa digarap secara bersamaan. Kegiatan ditutup dengan doa bersama untuk kemaslahatan umat dan bangsa.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)