Heboh Soal Patung Bunda Maria Ditutup Terpal, Kapolres Kulonprogo Dicopot

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:38 WIB
loading...
Heboh Soal Patung Bunda Maria Ditutup Terpal, Kapolres Kulonprogo Dicopot
Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini saat menjelaskan video viral penutupan patung Bunda Maria yang ternyata atas inisiatif dari pemilik rumah doa pada Jumat (24/3/2023). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
JAKARTA - Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini dicopot dari jabatannya. Pencopotan itu tertuang dalam surat telegram Nomor:ST/714/III/KEP./2023 tanggal 27 Maret 2023, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Posisi Kapolres Kulonprogo tersebut kedepannya akan diisi oleh AKBP Nunuk Setiyowati.


Pencopotan ini beberapa saat setelah sempat heboh sebuah video penutupan patung Bunda Maria menggunakan kain terpal di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Video itu diunggah dengan narasi bahwa penutupan itu akibat adanya desakan dari organisasi masyarakat (ormas) viral di media sosial.

Dalam narasi Polsek Lendah dinyatakan ada ormas yang merasa bahwa keberadaan patung dapat mengganggu kekhusyukan umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhn ini.

Penutupan patung setinggi 6 meter dengan menggunakan kain terpal berwarna biru oleh sejumlah orang itu dilakukan terhadap patung Bunda Maria yang terletak di Rumah Doa Sasana Adhi Rasa ST Yacobus, Dusun Degolan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulonprogo, pada Rabu (22/3/2023) siang lalu.


Usai viral, video penutupan patung bunda Maria tersebut sudah tidak bisa diakses lagi. Terkait hal tersebut, Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini menyampaikan klarifikasi dan meminta maaf.

“Mohon maaf atas anggota kami yang salah dalam penulisan narasi dan kami telah mendapatkan perintah dari Kapolda (DIY) bahwa tidak ada ormas yang mengganggu keamanan dan ketenteraman. Bila ada ormas yang mengganggu keamanan, kenyamanan, ketentraman, khususnya di wilayah Kulonprogo akan kami tindak,” ucap Fajarini, Jumat (24/3/2023).

Kapolres engatakan, sebagai penanggung jawab kamtibmas di Kulonprogo pada Kamis (23/3/2023) malam pihaknya sudah mengundang berbagai pihak untuk membahas hal tersebut.

"Didampingi dari yang mewakili rumah doa, FKUB, dari Kesbangpol, Kemenag dan yang mewakili dari Paroki Kulonprogo telah bertemu," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)