Akurasi Data Pemilih, Salah Satu Kunci Sukses Pilkada

Sabtu, 18 Juli 2020 - 22:05 WIB
loading...
Akurasi Data Pemilih,  Salah Satu Kunci Sukses Pilkada
PPDP di rumahnya di lingkungan RT 3 RW 3 Dukuh Limbangan, Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Sabtu (18/7/2020). Foto: IST
A A A
KENDAL - DPRD Kendal mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal dalam melakukan pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Masyarakat diminta proaktif dan membantu petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) saat melaksanakan tugas agar data pemilih Pilkada 2020 akurat.

Ketua DPRD Kendal , H Muhammad Makmun menyatakan, akurasi data pemilih menjadi salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah yang akan digelar secara serentak pada 9 Desember 2020.

Menurutnya data pemilih yang akurat dapat dijadikan acuan mengawal proses demokrasi di Pilkada 2020.

"Saya menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada KPU Kendal yang saat ini tengah melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih. Saya mengajak seluruh warga Kendal proaktif mendukung kegiatan KPU untuk pemutakhiran data pemilih,” katanya menerima Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di kediamannya di RT 3 RW 3 dukuh Limbangan Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Sabtu (18/7/2020).

Dia meminta kepada PPDP untuk memastikan seluruh warga yang telah memiliki hak pilih terdaftar sebagai pemilih Pilkada 2020. Sehingga nantinya bisa menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin Kendal sesuai yang diharapkan

Didampingi Rochimudin, kordinator divisi Teknik dan Penyelenggaraan KPU Kendal, dan jajaran Pengawas Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta Penitia Pemungutan Suara (PPS), KPU melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) yang digelar secara serentak hari ini. Selain jajaran KPU, tampak hadir pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dan jajarannya.

Rochimudin menjelaskan, kegiatan coklit serentak dilakukan secara simbolis kepada sejumlah tokoh masyarakat. Selain mendatangi Ketua DPRD, KPU melakukan coklit kepada jajaran Forkopimda yang lainnya.

“Ada 7 tokoh yang didatangi PPDP yakni Bupati Kendal, Ketua DPRD, Sekda, Ketua FKUB, Ketua MUI, Ketua PD Muhammadiyah dan Ketua PC NU Kendal,” jelasnya.(Baca juga : Komisi C DPRD Ungkap Fasilitas Terminal dan Pelabuhan Kendal Tak Terawat )

Ditambahkan, coklit sebenarnya telah dilakukan sejak tanggal 15 Juli dan akan berlangsung hingga 13 Agustus 2020. PPDP akan mendatangi rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. Selama menjalankan tugasnya, PPDP akan menerapkan protokol kesehatan.

"KPU melakukan pemutakhiran data pemilih melalui gerakan coklit serentak yang dilakukan dengan cara mengakses situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Gerakan ini memudahkan masyarakat untuk mengawasi proses konfirmasi data pemilih di tengah pandemi COVID-19," terangnya.(Baca juga : New Normal, DPRD Kendal Dorong DPMPTSP Gairahkan Investasi dan Bisnis )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)