Latih Wirausaha, Emak-emak di Maros Belajar Olah Kepiting Jadi Abon

Sabtu, 25 Maret 2023 - 18:45 WIB
loading...
Latih Wirausaha, Emak-emak di Maros Belajar Olah Kepiting Jadi Abon
Mak Ganjar Sulsel mengajari puluhan ibu-ibu keterampilan mengolah kepiting menjadi abon di Desa Pabentengan, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sabtu (25/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAROS - Mak Ganjar Sulsel mengajari puluhan ibu-ibu keterampilan mengolah kepiting menjadi abon. Kegiatan ini sebagai cara mengembangkan potensi perempuan dalam penguatan ekonomi keluarga.

Sekretaris Mak Ganjar Sulsel Aryanti Amran mengatakan, pihaknya berkolaborasi bersama kelompok Sikuyu Balasa, UMKM budi daya dan pengolahan kepiting. "Hari ini kami melakukan pelatihan pengolahan kepiting menjadi abon. Tujuannya supaya ibu-ibu bisa membantu (ekonomi) keluarga," kata Aryanti di Desa Pabentengan, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sabtu (25/3/2023).

Jenis kepiting yang digunakan yakni rajungan atau portunus pelagicus. Kepiting rajungan ini dipilih lantaran kaya akan manfaat dan nilai gizi yang tinggi seperti vitamin B12, yodium, protein, dan lainnya.

Program pemberdayaan perempuan ala Mak Ganjar Sulsel ini disambut antusias masyarakat. Apalagi mereka dapat mencoba langsung cara mengolah kepiting rajungan menjadi produk olahan berkualitas.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi ide untuk wirausaha. "Semoga dengan adanya pelatihan ini kedepannya ibu-ibu bisa menambah pendapatan dengan membuat abon kepiting," jelasnya.

Andriani (33), salah satu peserta pelatihan merasa senang bisa turut hadir dan mengetahui cara mengolah kepiting rajungan. Dia terinspirasi akan membuat usaha industri rumahan pengolahan kepiting menjadi cemilan maupun makanan-makanan lainnya. "Alhamdulillah dengan adanya acara ini kita bisa membuat usaha dan menambah pendapatan keluarga," ujarnya
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)