Bencana Longsor Pulau Serasan Natuna 50 Orang Tewas, Ini Hasil Analisa PVMBG

Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:42 WIB
loading...
Bencana Longsor Pulau Serasan Natuna 50 Orang Tewas, Ini Hasil Analisa PVMBG
Prajurit Kodam I/Bukit Barisan berjibaku mencari korban longsor di Pulau Serasan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Foto/Dok.tniad.mil.id
A A A
NATUNA - Bencana longsor atau pergerakan tanah di Pulau Serasan, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) pada 6 Maret 2023 mengakibatkan 50 orang tewas dan 4 orang hilang. Longsor di kawasan ini ternyata pernah terjadi pada 1982.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan, longsor terjadi di beberapa titik. Di antaranya yakni Kampung Holon, Dusun Genting, Desa Pangkalan; Kampung Hilir, Desa Air Raya, Kecamatan Serasan; Dusun Air Laugo, Desa Air Ringau; Desa Arung Ayam; dan Desa Air Nusa, Kecamatan Serasan Timur.


“Berdasarkan informasi warga lokal, di Pulau Serasan pernah terjadi gerakan tanah pada tahun 1982 dan berulang saat ini tahun 2023,” ungkap PVMBG dalam keterangan resminya, Jumat (24/3/2023).

Diketahui, update terakhir BNPB 18 Maret 2023 kejadian tersebut mengakibatkan 50 korban ditemukan meninggal dunia, 4 jiwa dalam pencarian, 4 luka berat, 3 luka ringan, pengungsi 478 orang.

Kerugian material diantaranya 147 rumah terdampak, 1 musala dan 1 sekolah dasar.

PVMBG melaporkan sebaran longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna yakni 5 titik longsoran rotasional skala besar (Genting, Air Raya, Air Ringau Air Laugo, Arum Ayam, Air Nusa).


Kemudian, 18 titik longsoran skala kecil, 7 titik aliran bahan rombakan (banjir bandang), dan 3 titik zona jatuhan batu.

“Gerakan tanah dipengaruhi oleh kondisi geologi dan morfologi serta proses penjenuhan air akibat infiltrasi air (hujan) sebagai pemicu yang berlangsung ekstrim. Tipe gerakan tanah pada tanah transported tipe aliran (flow), sedangkan tipe tanah residu dapat membentuk tipe (slide). Selain itu terdapat tipe Jatuhan Batu dan Erosional,” jelas PVMBG.

Selain itu, Pulau Serasan mempunyai morfologi perbukitan bergelombang sedang-tinggi dan berada disekitar kelurusan lereng, lembah sungai, tekuk lereng dan juga morfologi longsoran lama dengan kelerengan yang bervariasi dengan kemiringan lereng 15-45 derajat.

Sementara itu, secara geologi Pulau Serasan disusun oleh Batuan Plutonik Serasan (intrusi), Formasi Kutai (Endapan Sungai), Formasi Balau (Endapan Flish) dan Endapan Pantai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)