Penuh Toleransi, Begini Pelaksanaan Salat Tarawih saat Nyepi di Denpasar Bali

Rabu, 22 Maret 2023 - 21:34 WIB
loading...
Penuh Toleransi, Begini Pelaksanaan Salat Tarawih saat Nyepi di Denpasar Bali
Salat tarawih perdana, tetap dilaksanakan di Masjid Sadar yang ada di Jalan Raya Tukad Tegal Wangi, Gang Kenanga, Sesetan, Denpasar Selatan, Bali, di tengah ibadah Nyepi. Foto/iNews TV/Fery Fadly
A A A
DENPASAR - Suasana penuh toleransi sangat terasa saat umat muslim menggelar salat tarawih perdana di Kota Denpasar, Bali, Rabu (22/2/2033) malam. Mereka menggelar salat tarawih dengan penuh keheningan, dan pencahayaan yang terbatas, untuk menghormati umat Hindu yang tengah menjalani Nyepi.



Meski dalam keterbatasan pencahayaan, dan tanpa pengerah suara, serta hanya bisa datang ke masjid dengan berjalan kaki, tidak menyurutkan umat muslim untuk tetap menjalankan salat tarawih perdana. Mereka berbondong-bondong datang ke Masjid Sadar di Jalan Raya Tukad Tegal Wani, Gang Kenanga, Sesetan, Denpasar Selatan, Bali.



Mereka mentaati kesepakatan bersama antara Majelis Dewan Adat (MDA) Bali, dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali. Dalam kesepakatan bersama tersebut, umat muslim tetap diperbolehkan menggelar salat tarawih di tengah perayaan Nyepi.



Para jamaah mendatangi Masjid Sadar, dengan berjalan kaki dan tidak menimbulkan keramaian. Mereka tidak berjalan dengan cara bergerombol. Selama jalannya salat tarawih, tidak ada pengeras suara dan hanya menggunakan pencahayaan yang terbatas.

Penuh Toleransi, Begini Pelaksanaan Salat Tarawih saat Nyepi di Denpasar Bali


Demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan salat tarawih perdana, para pecalang juga turut hadir memberikan penjagaan. Para pencalang juga terlihat begitu akrab dengan para jamaah yang akan melaksanakan salat tarawih. Mereka saling bertegur sapa, dan sesekali saling menebar senyuman.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3075 seconds (0.1#10.140)