Ciptakan Peluang Usaha, Para Milenial Gowa Belajar Membuat Kombucha

Rabu, 22 Maret 2023 - 14:08 WIB
loading...
Ciptakan Peluang Usaha, Para Milenial Gowa Belajar Membuat Kombucha
Berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata, Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan menggelar composting dan workshop membuat kombucha di Kabupaten Gowa, Selasa (21/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GOWA - Berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata, Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan menggelar composting dan workshop membuat kombucha di Kabupaten Gowa. Kombucha merupakan teh fermentasi yang kita olah menggunakan scoby yang difermentasikan kurang lebih 14 hari.

Dalam kegiatan ini, para peserta diajak membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby. ”Jadi memang benar-benar kita mengasah keterampilan milenial," kata Korwil Srikandi Ganjar Sulsel, Nurul Awainah di Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Selasa (21/3/2023).

Scoby (Symbiotic culture of bacteria and yeast) merupakan metabolit sekunder berbentuk bulat pipih seperti piringan, bertekstur kenyal, serta berwarna keruh ini digunakan untuk membantu proses fermentasi kombucha. Minuman teh probiotik ini memiliki rasa asam dan sedikit manis, menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Bila ingin memperkaya rasa dari kombucha, para peserta juga bisa menambahkan beberapa potongan buah segar seperti nanas, dan lain-lain. Selain edukasi, inovasi membuat produk olahan kombucha ini dapat menjadi ide segar para perempuan milenial menjadikan peluang bisnis baru khususnya di Kabupaten Gowa.

"Memang betul bisa menjadi peluang usaha. Teh banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi utamanya bisa diminum juga untuk penderita kanker," ungkapnya.

Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk merasakan esensi berkebun memetik kembang telang yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Salah satu peserta, Siti Arbainah (21) mengaku kegiatan ini bisa menginspirasi muda-mudi lebih berdaya maupun menjaga daya tahan tubuh.

"Tadi diperkenalkan tanaman bunga telang terus kaya ini kombucha yang bermanfaat ya. Kombucha itu ternyata bagus untuk kesehatan. Kayaknya menarik sih untuk dikembangkan (menjadi bisnis)," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)