Saga Gelar Woorkshop Olahana Makanan Pempek dan Senam Bersama di OKU Selatan

Sabtu, 18 Maret 2023 - 12:49 WIB
loading...
Saga Gelar Woorkshop Olahana Makanan Pempek dan Senam Bersama di OKU Selatan
Tampak senam bersama Saga dan warga. (Ist)
A A A
OKU SELATAN - Provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak ciri khas serta budaya yang sangat indah di Indonesia. Salah satu yang menjadi identik adalah kulinernya yakni Pempek.

Kuliner Pempek sudah tidak perlu ditanyakan lagi ketenarannya di Indonesia. Bahkan, makanan khas daerah Sumatera Selatan ini tidak hanya berbahan dasar ikan saja, masih banyak bentuk olahan yang belum kita ketahui.

Agar masyarakat lebih mengetahui apa saja olahannya, Sahabat Ganjar (Saga) menggelar workshop olahan makanan pempek yang berlangsung di Kecamatan Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan pada Sabtu (18/3).

Pada kegiatannya, Yopi Andesta menyebutkan masyarakat mana yang tidak mengenal pempek Palembang. Pastinya, kuliner ini sangat digemari oleh berbagai kalangan.

"Banyak jenis pempek yang tentunya sangat digemari oleh masyarakat. Jadi tidak heran, apabila kuliner khas Sumsel ini menjadi idola bagi masyarakat.

Yopi juga menceritakan, ternyata bukan hanya ikan yang bisa dijadikan bahan dasar dalam pembuatan pempek. Hal tersebut dijelaskan selama workshop berlangsung.

"Selama ini kita mengetahui Pempek berbahan dasar ikan. Namun pada kegiatan kali ini, makanan khas ini bisa dibuat dengan bahan dasar sayur, nasi, ebi dan masih banyak lagi," tandas Yopi.

Yopi berharap, kegiatan kali ini bisa terus dikembangkan sebagai UMKM andalan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

"Pak Ganjar memimpin rakyatnya agar menjadi pengusaha. Hal tersebutlah yang membuat Ganjar sering ditunjukin sebagai Bapak UMKM" ucap Yopi.

Usaha Sahabat Ganjar untuk mengenalkan Ganjar Pranowo di Bumi Sriwijaya juga sampai di Kabupaten Musi Banyuasin.

Sahabat Ganjar hadir untuk memberikan workshop pelatihan manajemen keuangan yang berlangsung di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin.

Pada kegiatannya, Ketua DPC M. Pamilu mengungkapkan seluruh masyarakat yang hadir kali ini sangat serius memahami dari setiap materi yang dipaparkan oleh pengisi materi.

"Semua peserta yang hadir kali ini benar-benar menyimak apa yang sudah disampaikan oleh pemateri seputar memanajemen keuangan. Karena, hal tersebut adalah hal dasar untuk keberlangsungan hidup kita sebagai manusia," ucap Pamilu.

M. Pamilu juga menilai, kecenderungan masyarakat kali ini adalah ingin punya terlebih dahulu lalu membayar dikemudian hari. Inilah mindset yang harus kita ubah bersama.

"Anda bisa memiliki seuatu barang tapi secara mental anda belum siap. Maka jalan pintasnya adalah melakukan kredit, ini yang sering terjadi. Maka dari itu, kita juga mengajak, agar masyarakat terus menabung dan membeli barang-barang sesuai kebutuhan dan kapasitas keuangannya," ungkap Pamilu.

Setelah kegiatan workshop kali ini, Sahabat Ganjar juga membagikan puluhan doorprize untuk dibagikan kepada masyarakat. Adapun hadiah tersebut meliputi perabotan-perabotan rumah tangga.

Sebelumnya, relawan Ganjar yang dekat dengan masyarakat ini sudah lebih dahulu menggelar kegiatan senam sehat bersama. Sebanyak ribuan peserta yang hadir sangat bersemangat mengikuti alunan musik dengan setiap gerakan yang dilakukan inspektur senam.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)