Komunitas Nelayan Pesisir Serahkan Bantuan Alat Keselamatan di Garut

Jum'at, 17 Maret 2023 - 20:32 WIB
loading...
Komunitas Nelayan Pesisir Serahkan Bantuan Alat Keselamatan di Garut
Komunitas Nelayan Pesisir menyerahkan bantuan rompi, pelampung dan senter lampu kepala di kawasan Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Jumat (17/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GARUT - Komunitas Nelayan Pesisir mendukung upaya keselamatan para pelaut dalam menangkap ikan. Mereka menyerahkan bantuan rompi, pelampung dan senter lampu kepala di kawasan Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Jumat (17/3/2023).

Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat Asep mengatakan, kegiatan tersebut penting dilakukan guna mencegah kecelakaan terjadi saat nelayan menangkap ikan di laut. "Kami bantu untuk mencegah kecelakaan kerja itu terjadi," katanya.

Kegiatan tersebut juga sebagai upaya menampung persoalan dan aspirasi dari sejumlah nelayan di wilayah tersebut. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Kami coba cari solusi terbaiknya. Tujuannya supaya masyarakat khususnya nelayan di sini juga bisa terbantu dengan kehadiran kami sebagai kepanjangan tangan dari programnya Pak Ganjar Pranowo," tambahnya.

Menurut dia, masyarakat merasa terbantu dan berterimakasih atas kedatangan relawan. Para nelayan mengaku selama ini mereka kurang mendapat perhatian.

Asep berharap ke depan komunitas pendukung Ganjar Pranowo ini dapat memperkuat sinergi dengan para nelayan. "Dalam skala kecil tentu kami upayakan untuk membuat program yang berkesinambungan bagi para nelayan," tandasnya.

Ketua Rukun Nelayan (RN) Pelabuhan Santolo, Udin Marjoko mengungkapkan persoalan yang selama ini dihadapi nelayan di wilayah tersebut. Persoalan tersebut cukup krusial sehingga berdampak pada jumlah hasil tangkapan dan pendapatan para nelayan di sana.

"Empat bulan terakhir ini sulit, pak. Kendalanya mulai dari akses yang mengalami pendangkalan, faktor cuaca dan infrastruktur yang tidak diperhatikan," ungkapnya.

Dia berharap Komunitas Nelayan Pesisir terus bersinergi dengan para nelayan pelabuhan santolo. "Tentu kami menyambut baik relawannya Pak Ganjar di sini. Mudah-mudahan bisa terdengar suara kami secara luas dan banyak yang melirik potensi pertumbuhan ekonomi yang ada di wilayah kami," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)