Asah Kreativitas, Para Pemuda Papua Berlatih Sablon di Gedung PYCH

Rabu, 15 Maret 2023 - 19:31 WIB
loading...
Asah Kreativitas, Para Pemuda Papua Berlatih Sablon di Gedung PYCH
Belasan anak muda Papua aktif dalam kegiatan ini setiap harinya untuk memproduksi kaos bergambar khas Papua di Gedung PYCH, Rabu (15/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Kehadiran Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) membuat anak-anak muda Papua bebas berkreasi serta menunjukkan minat dan bakatnya. Salah satunya printing kaos.

Belasan anak muda Papua aktif dalam kegiatan ini setiap harinya untuk memproduksi kaos bergambar khas Papua. "Printing merupakan salah satu produk inovasi dari UMKM lokal, dan di dalam printing itu kami produksi beberapa desain, salah satunya desain budaya," kata Koordinator Printing PYCH Orlando Ahaztary, Rabu (15/3/2023).

Orlando berharap, lewat gambar-gambar khas yang dicetak membuat nama Papua makin dikenal di masyarakat luas. Termasuk dalam seni budaya dan kekayaan alamnya.

Para pemuda itu juga bagian dari Papua Muda Inspiratif (PMI) yang menjadi binaan Badan Intelijen Negara (BIN). "Kami membuat beberapa desain seni budaya Papua. Ada rumah honai, Papua art, burung cenderawasih, dan ada juga beberapa desain modern," paparnya.

Pemuda berusia 18 tahun tersebut juga berharap teman-temannya bisa memanfaatkan kegiatan printing di PYCH untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam dunia bisnis sablon. Dia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan idenya dalam pembangunan gedung PYCH.

Buka Sablon di Pegunungan Papua
Salah satu pemuda Papua yang mengikuti kegiatan printing ini, Yeremia Faot berencana membuka bisnis sablon di daerah tempat tinggalnya di pegunungan Papua. Dia berharap bisnisnya bisa membuka lapangan pekerjaan dan peluang belajar untuk teman-temannya di daerah pegunungan.

"Di sini adalah tempat yang baik untuk saya menimba ilmu di bidang sablon. Saya sudah mendapat ilmu tentang cara kita mengelola mesin sablon dengan baik, cara menabur powder, menggunakan mesin press, dan sebagainya. Termasuk dunia bisnis sablon," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)