Emak-emak di Tulang Bawang Asah Kemampuan Teknik Sulam Usus dan Rajut

Selasa, 14 Maret 2023 - 05:17 WIB
loading...
Emak-emak di Tulang Bawang Asah Kemampuan Teknik Sulam Usus dan Rajut
Relawan Mak Ganjar Lampung mengadakan workshop pelatihan sulam usus dan rajut di Tulang Bawang, Senion (13/3/2023). Acara ini digelar dengan menggandeng perajin sulam usus dan rajutan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TULANG BAWANG - Relawan Mak Ganjar Lampung mengadakan workshop pelatihan sulam usus dan rajut di Tulang Bawang. Acara ini digelar dengan menggandeng perajin sulam usus dan rajutan.

Ratusan masyarakat turut hadir meramaikan pelatihan tersebut. "Tujuan diadakannya workshop ini adalah memperkenalkan kearifan lokal sulam usus khas Lampung," kata Korwil Mak Ganjar Lampung, Noor Nadhia Chrismaryantie di Jalan Pemda Lama, Kecamatan Manggala, Kabupaten Tulang Bawang, Senin (13/3/2023).

Nadhia menjelaskan kegiatan ini juga sebagai bekal emak-emak setempat agar memiliki kemampuan untuk membantu perekonomian keluarga. "Ini sinergi dengan program pemerintah yaitu mengangkat UMKM dan industri perumahan untuk membantu perekonomian keluarganya melalui sulam usus dan rajut baju," lanjutnya.

Warga yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka sangat senang karena bisa menambah ilmu dan wawasan melalui workshop yang digelar Mak Ganjar.

"Kami menggunakan kesempatan ini untuk mengangkat khas Lampung. Kemudian bisa diterima di pasar, harapan kami bisa tembus pasar internasional," jelas Nadhia.

Salah satu peserta workshop, Coryati menilai kegiatan ini membawa dampak positif bagi emak-emak di Tulang Bawang. Selain bermanfaat untuk menambah wawasan, kegiatan ini dapat mengasah kemampuan warga yang sudah diturunkan secara turun temurun. "Harapan saya dengan diadakan workshop ini bisa mengangkat ekonomi masyarakat di sini," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mak Ganjar Lampung juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo pada masyarakat setempat. Mereka juga menyalurkan bantuan kepada peserta berupa bahan baku sulam maupun rajut, aneka benang, dan kain.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)