alexametrics

Dinkes Bina Dokter Kecil

loading...
Dinkes Bina Dokter Kecil
Sejumlah anak Sekolah Dasar mengikuti perlombaan dokter kecil duta lingkungan Kota Palembang. Kegiatan diadakan di gedung Balai Kota Palembang, kemarin.
A+ A-
PALEMBANG - Kegiatan lomba dokter kecil kembali do ge lar Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, kemarin. Menurut Kabid Jaminan Sarana Kesehatan pada Dinkes Palembang Alfarobi, lomba tersebut diikuti 39 dokter cilik dari berbagai utusan sekolahnya.

“Ada lomba UKS, dokter ke - cil dan kader lingkungannya. Dok ter kecil ini binaan dari pus - kesmas di Palembang yang jum - lah 39 puskesmas,” ujarnya di sela lomba dokter kecil di Balai Kota kantor Wali Kota Pa lem - bang. Adapun peran dok ter kecil ini dalam lomba, kata dia, dinilai mengenai penge ta huan ke se ha tannya dan ma sa lah ling ku ngan. Adapun peserta dari SD mulai dari kelas 3 sam - pai kelas 6.

Para dokter kecil yang dibina puskesmas tersebut diberikan materi perilaku hidup bersih, P3K, dan tentang lingkungan. Lombannya meliputi kegiatan praktek dan wawancara. Dan bagi dokter kecil tingkat kota yang menang, maka bisa mengikuti lomba dokter kecil tingkat provinsi. “Dalam ke giat - an ini, kita berharap masyarakat atau di mu lai dari anak-anak bisa man diri untuk hidup sehat,” ucapnya.



Dalam materi pada lomba ini juga, kata dia, terkait ba - gaimana siswa atau dokter cilik tersebut tanggap dan bisa mengatasi kabut asap, seperti diberikan pengetahuan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan. Juga dampak kabut asap dapat menggunakan masker. Begitu juga para siswa harus selalu hidup bersih yakni se - nan tiasa mencuci tangan se be - lum makan dengan sabun hing - ga bersih.

Menurut perawat gigi Puskesmas Basuki Rachmat, Herlina, para dokter kecil juga diberikan pembelajaran ter - kait kebersihan gigi dan mulut. Hidup sehat dengan sanitasi yang baik. Para siswa juga diberikan modul dalam setiap pembelajarannya yang biasa dilakukan dua hari. Ada juga alat praga sehingga dokter kecil dapat mudah memahaminya.

“Kita minta agar prilaku cuci tangan itu penting dan harus jadi kebiasaan,” katanya. Sementara itu, bagi M Ray - han mengikuti lomba dok ter kecil merupakan kesenangan tersendiri. Sebab, siswa kelas 5 SD yang selalu menjadi juara di kelas ini, besar nanti ber ke ingi - n an menjadi dokter.

“Aku ingin jadi dokter, jadi ikut dokter kecil sangat senang. Seperti jadi dokter benar,” ujar siswa SDN 34 Palembang tersebut. Di sekolahnya, Rayhan me - ngaku sangat senang meng - ikuti pelajaran kesehatan da - lam kegiatan UKS. Akhirnya diapun ditunjuk pihak sek o lah - nya mewakili untuk lomba dok - ter kecil.

Sierra syailendra
(bbg)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak