Pertama di Banten, Layanan ICIR untuk Pasien Kanker Darah

Kamis, 09 Maret 2023 - 21:43 WIB
loading...
Pertama di Banten, Layanan ICIR untuk Pasien Kanker Darah
Peresmian layanan ICIR Eka Hospital. Foto: Istimewa
A A A
BANTEN - Eka Hospital menghadirkan Immunocompromised Isolation Room (ICIR) untuk memastikan keamanan pasien kanker darah (leukimia) yang sedang dalam kemoterapi untuk pengobatan agresif.

ICIR merupakan ruangan isolasi steril bertekanan positif yang dirancang khusus untuk proses pengobatan kemoterapi pada pasien kanker darah, sehingga menghindari risiko infeksi dari virus, bakteri dan jamur.

Penggunaan ruangan ICIR dapat membantu pasien terhindar dari risiko terkena infeksi penyakit lain disaat tubuh sedang rentan setelah proses kemoterapi. Yang menggembirakan, ruang ICIR ini yang pertama di Banten.



Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group, drg Rina Setiawati menjelaskan, ruangan ICIR ini menjadi salah satu layanan yang dibutuhkan ketika seseorang sedang mengalami pengobatan kanker darah.

Ruang ICIR tak hanya bagi pasien yang melakukan kemoterapi saja, tapi juga untuk ruangan transplantasi.

“Perbedaannya dengan ruang isolasi pada umumnya adalah ini merupakan ruangan untuk imunitas menurun bagi pasien yang melakukan kemoterapi, jadi ruangannya khusus dan benar-benar steril,” katanya, Rabu (9/3/2023).

Dijelaskan dia, sulit dan mahalnya penanganan kanker darah, menyebabkan tidak semua rumah sakit di Indonesia, bahkan di kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta mampu melakukannya.



Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, DR. dr. Cosphiadi Irawan menambahkan, ruang perawatan ICIR ini untuk menghindari risiko terjadinya infeksi virus, bakteri, dan jamur karena kemoterapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2829 seconds (0.1#10.140)