Usaha Mikro Bakal Dapat Bansos Rp2,4 Juta, Begini Tanggapan Pengusaha

Jum'at, 17 Juli 2020 - 15:02 WIB
loading...
Usaha Mikro Bakal Dapat Bansos Rp2,4 Juta, Begini Tanggapan Pengusaha
Sosialisasi program kerja Kadin Jabar untuk percepatan pemulihan ekonomi. Foto/SINDONews/arif budianto
A A A
BANDUNG - Pengusaha di Jawa Barat menyambut baik rencana pemerintah pusat memberikan bantuan sosial bagi usaha mikro sebesar Rp2,4 juta. Bantuan tersebut optimistis bakal mengerek ekonomi, pascaterdampak pandemi COVID-19.

Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Ahmad Natsir Tuasikal berharap, rencana pemerintah memberikan bansos bagi pelaku usaha mikro bisa segera terealisasi. Bantuan tersebut akan memperkuat permodalan mereka.

"Bantuan itu kami yakin bisa menjadi stimulus. Karena mereka, pelaku usaha mikro, yang selama ini menggerakkan ekonomi kita. Mereka paling tangguh," kata Rudi, pada sosialisasi program kerja Kadin Jabar, di Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Jumat (17/7/2020).

(Baca juga: Tawaran Investasi Saham via Online Marak, Waspada dan Kenali Modusnya )

Menurut dia, percepatan pemulihan ekonomi Jawa Barat sangat penting dimulai dari sektor mikro. Karena mereka yang terkait langsung dengan ekonomi masyarakat. Kategori pengusaha mikro sendiri adalah dengan transaksi di bawah Rp50 juta per tahun.

"Kalau ekonomi mikro mulai bergerak, kami yakin dalam empat bulan kedepan, ekonomi Jabar bisa kembali pulih. Begitupun usaha kecil dan menengah," imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana mengaku, Kadin sebagai wadah organisasi pada pengusaha di Jabar, terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Langkah yang ditempuh adalah melakukan sosialisasi program kerja untuk semua pengikut Kadin Kabupaten kota se Jabar.

(Baca juga: Kemenperin Dampingi Tatalogam Group Menuju Era Teknologi 4.0 )

"Ini langkah awal kami membangkitkan ekonomi. Kami punya tanggungan jawab lakukan ini kepada masyarakat. Yaitu bagaimana para pelaku usaha, bisa memaksimalkan potensi daerahnya, agar memberi manfaat lebih besar bagi masyarakat sekitar," beber dia.

Sosialisasi akan digelar selama beberapa pekan kedepan. Di mana, setiap pertemuan hanya dibatasi 14 kepengurusan kadin kota/kabupaten. Sehingga peserta bisa menerapkan social distancing, sebagai upaya mencegah penularan covid.

Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Bidang Ketenagakerjaan Yus Hermansyah mengatakan, pihaknya juga menyalurkan 10.000 paket sembako. Bantuan tersebut akan didistribusikan ke semua Kadin kabupaten kota, untuk disebarkan kepada masyarakat terdampak, terutama anggota Kadin
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)