Sok Jagoan Serang Polisi Pakai Badik, 3 Napi Kabur Ditembak 1 Tewas

Rabu, 08 Maret 2023 - 20:29 WIB
loading...
Sok Jagoan Serang Polisi Pakai Badik, 3 Napi Kabur Ditembak 1 Tewas
Tiga narapidana yang kabur dari Lapas Klas IIA Palangkaraya akhirnya ditangkap. Ketiganya ditembak polisi karena melawan satu tewas dan dua lainnya luka. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
PALANGKARAYA - Tiga dari empat narapidana yang melarikan diri dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Palangkaraya, Kalimantan Tengah akhirnya ditangkap. Polisi terpaksa menembak ketiganya karena melawan satu di antaranya tewas.

Tim gabungan Ditreskrimum Polda Kalimantan Tengah akhirnya berhasil menangkap tiga dari empat narapidana yang melarikan diri selama empat hari dari ruang sel tahanan Lapas Kelas IIA Palangkaraya.

Satu di antaranya bernama Prihartono (44) terpaksa ditembak mati karena melawan dan berusaha menyerang petugas menggunakan sebilah badik saat akan ditangkap di lokasi Perkebunan Sawit PT Agro Bukit Central Kalimantan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.



Sementara rekannya Pancareno Rama Kencana (19) dan Jihat Aji Nurmoko (26) dilumpuhkan petugas di bagian kaki karena berusaha kabur dari sergapan petugas.

Selain berhasil menangkap ketiga napi itu, petugas juga mengamankan barang bukti sebilah badik yang digunakan untuk menyerang petugas dan peralatan lain seperti kunci mekanik dan kunci leter T.



“Dalam pelariannya ketiga napi juga melakukan tindak pidana pencurian tiga kendaraan bermotor serta pencurian dengan kekerasan terhadap pengendara di jalan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Faisal Napitupulu.

Motor yang dicuri lanjutnya, digunakan untuk melarikan diri ke lokasi persembunyiannya dan dari rencananya ketiga napi akan kabur ke negara tetangga yakni Malaysia dan Brunai Darusalam.



Sebelumnya, empat napi yang tersandung kasus pembunuhan, pemerkosaan dan curas serta kasus pencurian dengan pemberatan dengan masa tahanan 4-17 tahun penjara.

Mereka kabur dari Lapas Kelas IIA Palangkaraya pada 3 maret 2023 lalu setelah berhasil meloloskan diri dari jeruji besi penjara dan memanjat tembok kawat berduri pada malam hari saat hujan turun.

Petugas kini tengah memburu napi bernama Abdul Rahman (44) yang sebelumnya juga ditetapkan DPO. Sementara dua napi yang tertangkap menjalani pemeriksaan penyidik atas kasus pencurian yang dilakukan selama pelarian.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)