Cegah Stunting, Kiai Muda Jatim Penyuluhan Stunting di Pacitan

Selasa, 07 Maret 2023 - 19:35 WIB
loading...
Cegah Stunting, Kiai Muda Jatim Penyuluhan Stunting di Pacitan
Relawan Kiai Muda Jatim penyuluhan tentang stunting kepada masyarakat, khususnya anak muda di Ponpes Al Fatah, Desa/Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Selasa (7/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PACITAN - Relawan Kiai Muda Jatim penyuluhan tentang stunting kepada masyarakat, khususnya anak muda di Pacitan. Acara ini dihadiri ratusan orang dengan narasumber dr Minatul Aini.

Target kegiatan ini yaitu anak muda yang masuk usia pernikahan, pasangan muda hingga masyarakat umum. "Kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada pasangan muda tentang bagaimana menghindari gizi buruk atau masalah stunting terhadap anak," kata Koordinator Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi MZ usai kegiatan di Ponpes Al Fatah, Desa/Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Selasa (7/3/2023) sore.

Menurut Ali, stunting ini bisa dicegah bila generasi muda saat ini bisa mengurus anak-anaknya dengan baik. "Semoga kehadiran Kiai Muda Jatim ini memberikan manfaat bagi masyarakat Pacitan, terutama kegiatan hari ini," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Kiai Muda Jatim turut menggelar doa bersama agar Ganjar menjadi Presiden 2024. Ali mengatakan, Ganjar merupakan sosok yang pantas menjadi Presiden 2024.

Ganjar telah terbukti programnya membawa masyarakat ke arah yang lebih baik. Salah satunya sukses menyelesaikan masalah stunting di Jawa Tengah.

Pengasuh Ponpes Al Fatah Arjosari, Pacitan, KH Hamka Hakim mengapresiasi kegiatan yang membuat generasi yang akan datang terhindar dari masalah stunting. Dia mengakui tidak semua anak muda, khususnya santri mengetahui masalah stunting.

Dengan demikian kegiatan ini bermanfaat ketika nanti mengurus anak dari mulai kehamilan hingga dewasa. "Saya berharap acara ini memberikan manfaat yang seluas-luasnya, khususnya kaum santri dan juga masyarakat dari akar rumput. Kita berharap untuk generasi yang akan datang itu tidak ada lagi istilahnya kekurangan gizi atau nutrisi," tegasnya.

KH Hamka mengakui figur Ganjar merupakan yang dekat dengan para ulama, kiai hingga secara kultural dengan dekat dengan masyarakat Pacitan. "Semoga beliau nanti diberikan kekuatan oleh Allah SWT. Apa yang bisa dilakukan dalam skala nasional bisa terkabul, kita doakan sehat, panjang umur," tandasnya.

dr Minatul Aini dalam paparannya mengemukakan cara mencegah stunting. Misalnya ketika masa kehamilan seorang wanita tidak boleh kekurangan asupan gizi maupun nutrisi, dan tidak boleh mengalami anemia. Setelah lahir, seorang anak harus diberi ASI yang berkualitas serta rutin imunisasi.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)