Di Tengah Pandemi, 9 Catar Akpol Asal Sulut Jalani Tes Akademik

Jum'at, 17 Juli 2020 - 09:50 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, 9 Catar Akpol Asal Sulut Jalani Tes Akademik
Suasana jalannya tes akademik di SMK Negeri 1 Manado, Jumat (17/7/2020). Foto/Ist
A A A
MANADO - Sebanyak sembilan calon taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) yang terdiri dari delapan pria dan satu wanita, mengikuti tes akademik di SMK Negeri 1 Manado, Jumat (17/7/2020).

(Baca juga: Ini Toples COVID-19 Dari Madiun yang Kini Diburu Konsumen )

Peserta tes akademik ini merupakan Catar yang dinyatakan memenuhi syarat pada tes kesamaptaan jasmani. Seleksi penerimaan Taruna Akpol di tingkat Panitia Daerah Sulawesi Utara, tahun 2020 memasuki tahap tes akademik dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Jalannya tes dipantau langsung Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Sulut, Kombes Pol Muslikhun, yang juga merupakan ketua pelaksana seleksi, serta Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Polda Sulut, Kombes Pol Yosef Budi Meidianto selaku Ketua Tim Uji Akademik.

(Baca juga: Banjir Masih Genangi Kota Sorong Hingga Jumat (17/7/2020) Pagi )

"Tes akademik dilaksanakan serentak se-Indonesia selama dua hari hingga Sabtu (18/7/2020) masing-masing terdiri dari dua sesi. Pada tes hari pertama ini, materi yang diujikan di sesi pertama adalah pengetahuan umum, dan sesi kedua wawasan kebangsaan. Sedangkan hari kedua, Bahasa Indonesia dan matematika," kata Muslikhun.

Tes turut diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam), serta Pengawas Eksternal (LSM). Hal tersebut bertujuan menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam tiap tahapan seleksi di lingkungan Polri.

(Baca juga: Wanita Aceh Selatan Ini Menitikkan Air Mata Saat Dihukum Cambuk )

Tes akademik sendiri berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. Seluruh panitia maupun peserta wajib diperiksa suhu tubuh dan mencuci tangan dengan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, wajib memakai masker, serta pengaturan jarak tempat duduk peserta.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)