Motor Meledak dan Terbakar Usai Isi BBM di SPBU Bikin Warga Panik

Minggu, 05 Maret 2023 - 23:11 WIB
loading...
Motor Meledak dan Terbakar Usai Isi BBM di SPBU Bikin Warga Panik
Petugas SPBU dan warga saat mengevakuasi motor yang terbakar dan meledak di SPBU di Kabupaten Garut ke tempat yang lebih aman. Foto: Istimewa
A A A
GARUT - Warga mendadak geger dan panik saat satu unit sepeda motor jenis Honda Mega Pro terbakar hingga hangus di SPBU yang berada di Jalan Raya Leles, Kabupaten Garut . Peristiwa itu terjadi usai pemilik motor mengisi BBM di SPBU tersebut.

Peristiwa itu sempat diabadikan dalam video yang kemudian beredar di media sosial. Rekaman video amatir berdurasi 28 detik itu memperlihatkan kepanikan warga yang berada di sekitar SPBU, berusaha memadamkan api ari motor.



Warga panik karena posisi motor yang terbakar dekat dengaan lokasi pengisian BBM. Kecemasan warga cukup beralasan karena dikhawatirkan kebakaran motor itu dapat menimbulkan ledakan yang lebih besar di SPBU.



Kepala Pos Damkar Leles Aris Ristiansyah mengatakan, percikan api muncul ketika pengendara menyalakan motor dengan cara kick starter. Api kemudian membesar saat mengenai bensin yang menets dari tangki motor.

"Berdasarkan keterangan di lokasi kejadian, percikan api yang mengenai bensin dari kebocoran tangki, terjadilah ledakan saat itu menurut saksi. Motor pun kemudian terbakar seketika," ujar Aris Ristiansyah, Minggu (5/3/2023).



Menurut dia, kebakaran sepeda motor itu sempat membuat aktivitas pengisian BBM di SPBU terhenti. Penghentian pengisian BBM terhadap kendaraan lain terpaksa dilakukan untuk sementara guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Warga dan petugas SPBU berupaya memadamkan api. Namun upaya tersebut tak berhasil, hingga akhirnya api dapat dipadamkan setelah petugas damkar tiba di lokasi.

"Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir Rp8 juta. Usai api berhasil dipadamkan, bangkai motor yang terbakar dipindahkan ke tempat yang lebih aman," ujarnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)