Bedhaya Ketawang, Tarian Sakral 9 Perawan Cantik Pengiring Ritual Raja Jawa Bercinta dengan Ratu Laut Selatan

Sabtu, 04 Maret 2023 - 16:41 WIB
loading...
Bedhaya Ketawang, Tarian Sakral 9 Perawan Cantik Pengiring Ritual Raja Jawa Bercinta dengan Ratu Laut Selatan
Tari Bedhaya Ketawang. Foto/Repro
A A A
Sembilan perawan cantik, dengan penuh gemulai bergerak mengikuti alunan mistis irama gamelan. Deburan ombak Laut Selatan, menyambut liukan para penari yang tengah memainkan Bedhaya Ketawang, untuk melepas persembahan ke samudera luas.



Gemulai sembilan perawan cantik yang memainkan tarian sakral Bedhaya Ketawang, dengan iringan ritmis ini, selalu hadir dalam setiap upacara labuhan (lepas sesaji ke laut) di pantai selatan.



Dalam tradisi kekuasaan Kasunanan Surakarta, maupun Kasultanan Yogyakarta, tari Bedhaya Ketawang memiliki posisi penting. Bedhaya Ketawang yang dimainkan oleh sembilan perempuan cantik, merupakan media menghadirkan Ratu Kidul, penguasa laut selatan.



Roh halus sang Ratu Selatan, dipercaya akan hadir dengan cara merasuki tubuh salah satu penari. Selanjutnya si penari berparas rupawan akan dibawa ke ruang khusus untuk kemudian disetubuhi Raja Jawa. "Guna mengundang roh halus Ratu Kidul, agar bersetubuh dengan sang raja," demikian dikutip dari buku Perempuan-perempuan Perkasa di Jawa Abad XVIII-XIX (2016).

Di Kasultanan Yogyakarta, tari Bedhaya Ketawang disebut sebagai tari Bedhaya Semang. Sementara penyebutan tari Bedhaya Ketawang lebih dilakukan di lingkungan Kasunanan Surakarta.

Hadirnya roh halus sang Ratu Selatan, yang merasuk pada tubuh penari dan kemudian berlanjut bersetubuh dengan Raja Jawa, ditafsirkan sebagai penyatuan kekuasaan sekaligus perlindungan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2668 seconds (0.1#10.140)