Datangi Pulau Tunda, Komunitas Nelayan Pesisir Banten Salurkan Bantuan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:43 WIB
loading...
Datangi Pulau Tunda, Komunitas Nelayan Pesisir Banten Salurkan Bantuan
Komunitas Nelayan Pesisir Banten datang ke Pulau Tunda untuk menyalurkan bantuan peralatan pancing, Jumat (3/3/2023). Bantuan ini adalah wujud realisasi aspirasi dari nelayan Pulau Tunda. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERANG - Komunitas Nelayan Pesisir Banten Desa Wargasara, Pulau Tunda, Jumat (3/3/2023). Warga pun antusias menyambut kedatangan komunitas tersebut.

Komunitas Nelayan Pesisir Banten datang ke Pulau Tunda untuk menyalurkan bantuan peralatan pancing. Bantuan ini adalah wujud realisasi aspirasi dari nelayan Pulau Tunda. Bantuan peralatan pancing berupa kail, benang, dan gulungan senar pancing.

“Sebelumnya kami sudah survei juga dari masyarakat itu membutuhkan kebutuhan khususnya alat-alat perlengkapan pancing," kata Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Banten, Rizal Al-Ayubi di Pulau Tunda, Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang.

Selain itu, pendukung Ganjar Pranowo juga menggelar forum diskusi bersama para pelaut setempat. Tujuannya mencari solusi dari segala permasalahan yang dialami mereka saat ini.

"Kemudian juga menyerap daripada aspirasi-aspirasi dari para nelayan. Yang pasti dari kegiatan ini kita akan tahu apa saja keresahan dari nelayan. Kami akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait dan seluruh elemen-elemen nelayan," jelasnya.

Sebagai wadah untuk berkumpul dalam menanggulangi masalah dan kebutuhan diantara kalangan pelaut, pihaknya memproyeksikan bakal menjaring hingga merealisasikan aspirasi-aspirasi masyarakat di wilayah Banten. "Harapannya semoga seluruh nelayan banten bisa merasakan ataupun sejahtera tidak ada kesulitan dalam faktor apapun," lanjutnya.

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Laut Jawa, tepatnya bagian utara dari Teluk Banten. Kawasan tersebut masuk ke dalam Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Menurut situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pulau Tunda memiliki luas 289,79 hektare dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai pelaut.

Taufik (45), Ketua Nelayan Pulau Tunda berharap agar kegiatan serupa bisa terus berjalan secara kontinyu. "Mudah-mudahan ke depannya bisa membantu apa yang menjadi keluhan masyarakat (Pulau) Tunda," kata Taufik.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4774 seconds (0.1#10.140)