Miris! Rumah dan Jembatan di Rokan Hulu Riau Terancam Roboh Tergerus Sungai Batang Labuh

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:03 WIB
loading...
Miris! Rumah dan Jembatan di Rokan Hulu Riau Terancam Roboh Tergerus Sungai Batang Labuh
Sejumlah rumah dan jembatan di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau terancam roboh tergerus aliran Sungai Batang Lubuh. Foto/Ist
A A A
ROKAN HULU - Sejumlah rumah dan jembatan di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau terancam roboh. Kondisi pembatas sungai atau tebing di Sungai Batang Lubuh mengkhawatirkan dan tergerus aliran sungai.

Tebing bantaran Sungai Batang Lubuh tersebut akan runtuh digerus arus air sungai. Runtuhnya tebing tersebut akan sangat berdampak terhadap masyarakat setempat.


Selain ada belasan rumah warga, di lokasi tersebut juga ada Surau Suluk Syeh Muhammad Kayo yang menjadi tempat masyarakat untuk menjalankan ibadah, letaknya hanya sekitar 10 meter dari pinggir Sungai.

Salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah akan robohnya rumah warga dan Surau Suluk Syeh Muhammad Kayo. Runtuhan tanah di pinggir bantaran sungai tersebut dari tahun ke tahun semakin meluas.

Dampak lain yang mungkin terjadi adalah runtuhnya jembatan yang berlokasi di Jalan raya Kecamatan Bonai Darussalam yang merupakan penghubung Kabupaten Rokan Hulu ke Kabupaten Bengkalis.

Imam Surau Suluk, Syeh Muhammad Kayo Abu Bakar mengaku bahwa kondisi hampir runtuhnya pemukiman warga dan Surau Suluk di Desa Sontang tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun silam.


"Yang paling parah itu sejak dua tahun terakhir, ketika air meluap, maka pinggir Sungai akan terus tergerus. Kita khawatir jika dibiarkan terus-menerus akan runtuh pemukiman warga dan surau suluk ini," kata Abu Bakar dalam keterangannya kepada MPI, Rabu (1/3/2023).

Melihat kondisi itu, Abu Bakar berharap kepada pemerintah agar dibangunkan tembok penahan tebing (Turap), agar bisa menahan tanah di pinggir supaya tidak tergerus oleh air.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ustaz Abdul Gani yang merupakan jamaah di Surau Suluk Syeh Muhammad Kayo. Dia berharap dibangunkan turap untuk mempertahankan kondisi Surau Suluk tersebut.

"Harapan kami cuma dibangunkan turap. Agar tanah di pinggir sungai tidak tergerus air," kata Abdul Gani yang merupakan guru ngaji di Surau Suluk tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)