Detik-detik Menegangkan Ibu Muda Melahirkan Darurat di Atas Speedboat

Rabu, 01 Maret 2023 - 06:56 WIB
loading...
Detik-detik Menegangkan Ibu Muda Melahirkan Darurat di Atas Speedboat
Seorang ibu muda warga pelosok Desa rangda, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat melahirkan bayi di atas speedboat.
A A A
KOBAR - Seorang ibu melahirkan bayi di atas speedboat. Persalinan menegangkan lantaran ibu muda warga pelosok Desa rangda, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah itu mendadak tak kuat saat perahu yang melaju kencang. Kejadian ini menghebohkan warga Kobar.

Berkat kesigapan bidan desa yang mengawalnya, ibu muda bernama Sabtuah itu melahirkan secara normal di atas speedboat yang melaju kencang menuju yang hendak menuju rumah sakit.

Saat itu, speedboat yang melaju kencang awalnya akan menuju RSUD Sultan Imnuddin Pangkalan Bun. Namun lantaran sang bayi sudah lahir dengan selamat, pasien kembali. Bidan yang menangani pasien itu, Muniatus Saidah mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (25/2/2023).

Baca juga: Warga Karimunjawa Melahirkan di Kapal, ABK Beri Nama Nur Afdal Kalimutu

Muniatus mengatakan, pasien itu awalnya melahirkan di puskesmas tempatnya bertugas. Namun setelah menunggu cukup lama dan memperhatikan kondisinya, diputuskan untuk dirujuk ke RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. "Karena tidak ada kemajuan saya putuskan untuk merujuk ke RSUD Sultan Imanuddin," ucapnya, Selasa (28/2/2023).

Sekitar 20 menit perjalanan menuju rumah sakit, ternyata tanda-tanda persalinan kembali muncul. Ibu hamil Sabtuah kembali kontraksi dan kelahiran berlangsung ketika mereka melintasi kawasan sungai Tanjung.

"Ibu hamil kembali kontraksi saat perjalanan 20 menit dari desa sehingga melahirkan di atas speedboat," katanya. Saat ini kondisi kesehatan ibu dan bayi makin membaik. Dari kabar yang diterima sang bidan, bayi itu akan dinamai Putri Tanjung. “Namun belum tahu kepastiannya, yang penting saat ini bayi dalam keadaan sehat dan ibunya dalam masa pemulihan," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)