Sinergi Ketahanan Pangan Bersama TNI, Pupuk Kaltim dan Yonkav 13/SL Tanam Pepaya di Samboja

Selasa, 28 Februari 2023 - 13:03 WIB
loading...
Sinergi Ketahanan Pangan Bersama TNI, Pupuk Kaltim dan Yonkav 13/SL Tanam Pepaya di Samboja
Perkuat dukungan terhadap ketahanan pangan, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan Yonkav 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman, gelar penanaman komoditas pepaya jenis California di Samboja. (Ist)
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Perkuat dukungan terhadap ketahanan pangan dan produktivitas pertanian Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman, gelar penanaman komoditas pepaya jenis California di Samboja, Kutai Kartanegara.

Kegiatan ditandai penyerahan bibit pepaya oleh Pupuk Kaltim kepada Danyonkav 13/SL Letkol Kavaleri Gunantyo Ady Wiryawandi.

Staf Marketing Support Pupuk Kaltim Bambang Setyo, pada kesempatan itu mengungkapkan kerjasama ini sebagai upaya mengoptimalkan potensi lahan dan produktivitas pertanian, dengan penanaman berbagai komoditas di atas lahan milik Yonkav 13/SL.

Hal ini bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap sistem pertanian berkelanjutan berbasis teknologi terpadu, guna mendorong ketahanan pangan melalui peningkatan produktivitas hasil pertanian di berbagai sektor.

"Melalui kolaborasi dan kerjasama ini, kita bisa memanfaatkan berbagai lahan yang masih berpotensi untuk dijadikan kawasan pertanian secara terpadu, dalam upaya mendukung ketahanan pangan dengan peningkatan berbagai hasil komoditas pertanian," ujar Bambang.

Kegiatan ini pun kesinambungan sinergi antara Pupuk Kaltim bersama TNI, yang sejauh ini telah terjalin dengan baik dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Hal itu diwujudkan melalui berbagai program, mulai dari Integrated Farming System (IFS) yang berkolaborasi langsung dengan Kodam VI Mulawarman untuk pemanfaatan lahan Transad di Balikpapan, hingga Community Forest bersama Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan penanaman puluhan ribu pohon guna mendorong dekarbonisasi.

"Termasuk di Kota Bontang, Pupuk Kaltim secara aktif turut berkolaborasi bersama TNI melalui Kodim 0908 dan Denarhanud 002 untuk program ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan yang tersedia agar semakin produktif," tandas Bambang.

Melalui bantuan ini diharap program ketahanan pangan oleh Yonkav 13/SL dapat berjalan maksimal, sehingga hasilnya tidak hanya memberi manfaat bagi seluruh anggota TNI dan keluarga tapi juga masyarakat.

Sehingga secara perlahan kebutuhan pangan dan sektor pertanian di Kalimantan Timur semakin optimal, dan ketergantungan pasokan komoditas dari luar daerah bisa dikurangi dengan pemenuhan mandiri melalui sinergi TNI bersama Pupuk Kaltim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)