Saresehan di Gowa, Petani Tebu Bertekad Wujudkan Swasemda Gula

Sabtu, 25 Februari 2023 - 19:24 WIB
loading...
Saresehan di Gowa, Petani Tebu Bertekad Wujudkan Swasemda Gula
Petebu di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelar sarasehan di Lapangan Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, usai kegiatan, Sabtu (25/02/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GOWA - Petani Tebu Bersatu (Petebu) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan bertekad merealisasikan swasemda gula dalam rangka mencapai kedaulatan pangan. Untuk mencapai tujuan itu, mereka menggelar sarasehan dan sliaturahmi.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengadakan silaturahmi dan sarasehan. Kegiatan ini bertajuk Petani Tebu Bersatu Gowa Bertekad Membangun Kebersamaan Menuju Percepatan Swasembada Gula.

Sarasehan bertujuan meningkatkan produktivitas tanaman tebu sekaligus memaksimalkan potensi pengembangan lahan tebu di seluruh wilayah Sulsel. Termasuk mendukung program percepatan swasembada gula nasional.

"Kami adakan saresehan untuk menyerap aspirasi petani tebu. Insyaallah kami bisa swasembada gula," kata Ketua DPD Petebu Gowa Alimuddin Siama di Lapangan Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, usai kegiatan, Sabtu (25/02/2023).

Alimuddin mengatakan pihaknya akan meningkatkan sinergitasnya dengan semua pihak, seperti pelaku usaha hingga pemerintah agar pertanian tebu makin maju. Selain itu, pihaknya akan melakukan banyak pelatihan agar meningkatkan SDM para petani tebu.

Alimuddin berharap ke depan makin banyak hasil riset mengenai peningkatan hasil produksi tebu hingga inovasi yang bisa dilakukan untuk produk turunan dari tebu. "Kami petani tebu Gowa mengharapkan hasil riset tentang tebu supaya hasil gula meningkat," ucapnya.

Sarasehan diramaikan dengan penampilan kesenian Tari Pakarena hingga Seni Pakacaping khas Sulsel. Selain itu dalam acara ini digelar juga pelantikan DPW Petebu Sulawesi Selatan, DPD Petebu wilayah Gowa, Bone, Takalar, Sinjai, Jeneponto, dan Bulukumba.

Melalui kepengurusan DPW dan DPD tersebut, Petebu akan melakukan pendampingan serta menggalang kebersamaan para petani tebu untuk maju. Caranya dengan menggelar berbagai program yang akan dilaksanakan secara periodik.

Petebu Gowa turut menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo. Mereka juga memohon doa dan dukungannya agar Ganjar menjadi Presiden 2024.

Acara Petebu di Gowa ini merupakan yang ke-12 digelar. Sebelumnya, mereka menggelar acara di Lampung Tengah (Lampung), Kertosono (Jawa Timur), Karanganyar (Jawa Tengah), Way Kanan (Lampung), Palembang (Sumsel), Dompu (NTB), Majalengka (Jawa Barat), Takalar (Sulsel), Deli Serdang (Sumut), Madiun (Jatim), dan Subang (Jabar).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)