Peringati HPSN, Pemerintah Kota Cilegon Tanam 1.000 Pohon dan Gelar Operasi Semut

Sabtu, 25 Februari 2023 - 07:13 WIB
loading...
Peringati HPSN, Pemerintah Kota Cilegon Tanam 1.000 Pohon dan Gelar Operasi Semut
Pemerintah Kota Cilegon dan jajaran Dinas Kota Cilegon lakukan aksi serentak bersama warga di Rawa Arum, Cilegon. (Ist)
A A A
CILEGON - Pemerintah Kota Cilegon dan jajaran Dinas Kota Cilegon lakukan aksi serentak bersama warga di Rawa Arum, Cilegon.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon berkolaborasi dengan Banten Waste Solution menggelar acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Cilegon di Situ Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa (21/2/2023).

Peringatan yang mengusung tema "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat" itu dengan rangkaian aksi penanaman 1.000 pohon di Situ Rawa Arum dan Gerakan Pungut Sampah serentak di jajaran instansi pemerintah se-kota Cilegon.

Aksi penanaman tersebut dilakukan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Kepala Ditpolairud Polda Banten Kombes Pol. Andree Ghama Putra, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Azis Setia Ade Putra serta perwakilan perusahaan dan perbankan di Kota Cilegon.

Apa itu Hari Peduli Sampah Nasional? Hari Peduli Sampah Nasional adalah sebuah peringatan atas terjadinya tragedi ledakan TPA Leuwigajah di Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005.

Tragedi ini menewaskan ratusan orang yang mungkin sedang tertidur saat terjadinya tragedi pada dini hari. Setiap tahunnya, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Februari untuk menjadi refleksi timbulan sampah yang dihasilkan setiap harinya dan sudah sampai mana upaya setiap lapisan masyarakat untuk mengelola timbulan sampah tersebut.

Tahun ini, tepat 18 tahun Hari Peringatan Peduli Sampah Nasional 2023. Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2023 adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Tema HPSN 2023 bertujuan untuk menjawab salah satu permasalahan global perubahan iklim yang telah lama dan menjadi perhatian masyarakat dunia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Azis Setia Ade Putra mengatakan, upaya merawat kebersihan sangatlah penting untuk dibudidayakan sebagai wujud partisipasi dalam membangun Kota Cilegon yang bersih dan bebas sampah.

“Kami akan terus berupaya agar Kota Cilegon dapat bersih dan bebas sampah, oleh karenanya saya minta agar masyarakat dapat melaporkan jika terdapat sampah di lingkungannya, kami siap untuk menerima laporan-laporan dari masayarakat,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)
pixels