Pangkoarmada I Patroli Udara Pantau Keamanan Laut Natuna Utara, Ada Apa?

Rabu, 22 Februari 2023 - 20:02 WIB
loading...
Pangkoarmada I Patroli Udara Pantau Keamanan Laut Natuna Utara, Ada Apa?
Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma melakukan patroli udara guna memantau keamanan di Laut Natuna Utara. FotoiNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma melakukan patroli udara guna memantau keamanan di Laut Natuna Utara. Dalam patroli tersebut, situasi di Laut Natuna Utara masih kondusif.

Pangkoarmada I Patroli Udara Pantau Keamanan Laut Natuna Utara, Ada Apa?

"Kami melihat dan berkomunikasi dengan KRI Kapitan Pattimura-371 tentang situasi Laut Natuna Utara saat patroli. Apa saja gangguan yang ditemukan dan kendala yang dihadapi serta hal yang harus dilakukan. Semua dijawab dan dapat simpulkan masih kondusif," ujar Erwin S. Aldedharma, Rabu (22/02/2023).


Dia menjelaskan, letak Laut Natuna Utara berbatasan dengan beberapa negara asing. Sehingga terkadang bisa menemukan kapal negara asing, namun melaksanakan kegiatan operasional di wilayah perairan sendiri.

"Jadi kami meyakinkan tidak ada terjadi pelanggaran hukum dan kedaulatan negara di wilayah kita. Sehingga pentingnya kehadiran unsur KRI di laut kapan pun diperlukan," katanya.

Menurutnya, dalam mengamankan Laut Natuna Utara dituntut kehadiran KRI selalu ada 1x24 jam. Oleh karena itu, TNI AL mengerahkan beberapa KRI untuk patroli secara bergantian.

Selain itu, para prajurit juga diminta untuk siap dan sigap dalam menjalankan tugas. Pasalnya TNI AL berkomitmen untuk menghadirkan kesatuan dan kekuatan di seluruh tanah air guna menjaga situasi yang kondusif.


"Kita sudah menjamin kehadiran KRI terus ada 24 jam setiap saat sehingga situasi meyakinkan situasi di sana kondusif," katanya.

Saat ini pemerintah juga sedang gencar melakukan kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Hal ini perlu dilakukan stabilitas keamanan yang kondusif yang sesuai dengan salah satu tugas TNI.

TNI AL juga akan mengevaluasi kondisi sarana dan prasarana yang terpengaruh dengan cuaca dan iklim. Seluruh fasilitas akan direhabilitasi atau renovasi sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.

"Ini sudah jadi perhatian pimpinan dan akan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi dan lingkungan yang ada," tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2968 seconds (0.1#10.140)