Waspada! Sepekan ke Depan Bencana Hidrometeorologi Ancam Sulawesi Utara

Senin, 20 Februari 2023 - 18:01 WIB
loading...
Waspada! Sepekan ke Depan Bencana Hidrometeorologi Ancam Sulawesi Utara
Sepekan ke depan masyarakat di Sulawesi Utara diminta mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi yang diprediksi melanda wilayah itu. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MANADO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado memberikan peringatan dini bagi masyarakat Sulawesi Utara untuk mewaspadai bencana Hidrometeorologi sepekan ke depan.

Dalam keterangan resminya, BMKG Manado menyebutkan, selama seminggu ke depan, 20 – 26 Februari 2023, bencana banjir/genangan, puting beliung, hujan es mau pun tanah longsor berpotensi terjadi dan mengancam wilayah Sulut.



Berdasarkaan analisis kondisi dinamika atmosfer terkini, wilayah Sulut saat ini cukup signifikan yaitu Indeks ENSO di NINO3.4 pada nilai -0.50 (normal ±0.5)

"Yaitu signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia, terdapat sistem sirkulasi siklonik di sebelah Utara Sulut yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin," kata Kepala Stasiun, Dhira Utama, dalam keterangan reaminya, Senin (20/2/2023).



Aktifnya gelombang atmosfer tipe ER (Equatorial Rossby) di wilayah Sulut yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan, anomali suhu muka laut di Laut Sulawesi bernilai 1 – 2 ºC yaitu dapat menambah massa uap air semakin banyak di atmosfer serta pengamatan cuaca udara atas menunjukan indeks labilitas atmosfer lokal dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kondisi tersebut mempengaruhi pertumbuhan awan-awan Cumulonimbus yang intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, kilat/petir.


Beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yaitu di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Selatan, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon, Kabupaten Bolmong Timur, dan Kabupaten Bolmong Utara.

"Pemerintah dan masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem serta prakiraan cuaca berbasis dampak dari BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, secara lebih rinci dan detail," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)