Kiai Muda Jatim Berikan Edukasi dan Pengobatan Herbal di Bojonegoro

Minggu, 19 Februari 2023 - 17:36 WIB
loading...
Kiai Muda Jatim Berikan Edukasi dan Pengobatan Herbal di Bojonegoro
Kiai Muda Jatim mengadakan kegiatan Dialog dan Pengobatan Herbal di Ngesrep Kidul, Mulyorejo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (19/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOJONEGORO - Pengobatan alternatif tetap eksis tak tergerus perkembangan zaman. Pengobatan tradisional tersebut bisa menjadi alternatif masyarakat mendapat layanan kesehatan.

Pengobatan herbal atau tradisional menjadi opsi di luar pengobatan kimia. "Kami memberikan edukasi dan alternatif kesehatan dengan metode pengobatan herbal atau tradisional. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat," kata Korwil Kiyai Muda Jawa Timur, Gus Ali Baidlowi dalam kegiatan Dialog dan Pengobatan Herbal di Ngesrep Kidul, Mulyorejo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, dahulu pengobatan alternatif ini dilayani pelaku di luar bidang kesehatan modern. Namun kini ketertarikan terhadap pengobatan tradisional berkembang pesat seiring kebutuhan pasien. Sehingga banyak tenaga medis mempelajari pengobatan tradisional.

"Di era saat ini pengobatan berbahan dasar herbal menjadi alternatif yang bisa dilakukan masyarakat. Sebetulnya obat-obatan herbal pun bisa jadi alternatif dengan memanfaatkan tanaman atau tumbuhan sekitar yang dapat dikonsumsi menjadi obat-obatan herbal," lanjut Baidlowi.

Dia berharap dengan pemahaman itu kualitas kesehatan masyarakat meningkat. "Masyarakat makin teredukasi tentang alternatif pengobatan yang bisa diberikan apabila terjadi keluhan atau sakit," lanjutnya.

Selanjutnya, Baidlowi mengimbau masyarakat terus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta mengatur pola istirahat cukup. "Sebetulnya kami bisa mengganti konsep dengan mengkonsumsi makanan sebagai obat bukan mengkonsumsi obat-obatan sebagai makanan," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kiai Muda Jawa Timur berkesempatan memberikan bantuan obat kepada masyarakat. Mereka juga memberikan layanan terapis dan penyerahan obat-obatan untuk warung binaan Kiai Muda untuk dijual UMKM sekitar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)