Perusak Puluhan Makam di Blitar Tertangkap, Pelaku Ternyata Ketua RW

Minggu, 19 Februari 2023 - 15:44 WIB
loading...
Perusak Puluhan Makam di Blitar Tertangkap, Pelaku Ternyata Ketua RW
Pelaku pengrusakan puluhan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Glondong, Desa Satreyan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar Jawa Timur terungkap. (Ist)
A A A
BLITAR - Pelaku pengrusakan puluhan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Glondong, Desa Satreyan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar Jawa Timur terungkap. Pelaku berinisial MN (51) yang ternyata adalah ketua RW lingkungan setempat.

Yang bersangkutan langsung diamankan sekaligus ditetapkan tersangka. Kendati demikian MN tidak ditahan, yakni hanya dikenakan wajib lapor.

"Terduga pelaku sudah kita amankan dan ditetapkan menjadi tersangka,” ujar Kasatreskrim Polres Blitar AKP Tika Pusvita kepada wartawan Minggu (19/2/2023).

Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku marah melihat banyak makam di TPU Glondong yang dikijing, yakni memasang bangunan pada pusara. Baginya hal itu tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

TPU Glondong berfungsi sejak tahun 2003, yakni sebagai pengembangan TPU lama yang sudah penuh. Adanya TPU Glondong diikuti perjanjian tidak tertulis, yakni larangan pemasangan kijing di area makam.

Dengan mengendarai sepeda motor, MN diam-diam mendatangi TPU Glondong. Dengan amer atau martil besar yang sudah disiapkan, kijing makam dipukulinya.

Tercatat ada sebanyak 60 makam (bukan 56) yang kijingnya hancur berantakan. Di lokasi, MN juga menempelkan kertas berisi peringatan yang mengatasnamakan malaikat penjaga kubur Munkar dan Nakir.

Isi pesannya sebagai berikut:

“Maaf !!! Bpk Juru Kunci/RT/RW/Kamituwo

Awal Kesepakatan, Makom/Kuburan Glondong Dilarang dikijing berupa apapun. Hanya 2 batu nisan/maesan saja. Camkan !.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)