Cegah Kecelakaan, KST Jabar Berikan Alat Las, Kompresor, dan Rompi ke Sopir

Sabtu, 18 Februari 2023 - 20:06 WIB
loading...
Cegah Kecelakaan, KST Jabar Berikan Alat Las, Kompresor, dan Rompi ke Sopir
KST Jabar memberikan mesin las, kompresor, dan rompi safety car kepada sopir truk di Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Komunitas Sopir Truk (KST) Jawa Barat pendukung Ganjar Pranowo terus menggalakkan keselamatan berkendara kepada para sopir truk. Mereka membantu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Koordinator Wilayah (Korwil) KST Jabar Willy Shadli mengatakan, memberikan mesin las, kompresor, dan rompi safety car. Bantuan ini untuk mendukung gerakan keselamatan berkendara bagi sopir truk di Kabupaten Bandung.

"Banyak laporan sopir truk yang mengalami kecelakaan di jalan karena beberapa penyebab. Karena itu, kami memberikan bantuan yang semoga bisa bermanfaat," katanya saat
silaturahmi dengan perkumpulan sopir truk Kaharingan Group dari Trimurti Jaya di Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/2/2023).

Willy menjelaskan masalah yang kerap dialami para sopir di jalan raya misalnya, pecah ban. Para sopir diimbau mengantisipasi kecelakaan dengan mengecek angin ban sebelum beroperasi. "Kami beri kompresor untuk pengisian angin pada ban sebelum sopir truk berkendara," ujarnya.

Selain itu, sopir mengeluhkan engsel bak truk yang kerap patah sehingga bisa membahayakan pengendara lain di belakangnya. Lalu, pintu dan bodi truk yang bolong atau retak.

"Untuk itu kami juga berikan mesin las. Memang engsel bak truk kerap patah, pintu bolong sehingga membahayakan mereka saat berkendara. Itu yang melandasi kami untuk menggelar acara ini," ungkapnya.

Willy juga menekankan pentingnya pemakaian rompi safety car bagi sopir truk. Rompi tersebut sebagai penanda saat malam hari jika terjadi masalah di jalan raya.

"Banyak sopir ketika truknya mogok saat malam di pinggir jalan tak memakai rompi safety car sehingga tidak terlihat oleh pengendara lain . Nah, dengan pemberian rompi ini mereka terlihat oleh lampu saat malam sehingga mengindari mereka ditabrak," tandasnya.

Willy berharap sopir truk di Kabupaten Bandung bisa tetap menjaga diri saat berkendara dan menjauhi hal-hal yang bisa memicu terjadinya kecelakaan. Dengan demikian, kecelakaan di jalan raya dapat berkurang.

KST Jabar juga mengingatkan mereka agar beristirahat jika sudah lelah berkendara Itu kami tekankan. "Kalau lelah, sopir truk harus beristirahat. Itulah yang kami tekankan selama ini kepada para sopir truk di Jawa Barat. Saya juga berharap sopir truk di sini menjaga kestabilan tubuh. Saya imbau mereka tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain," ungkapnya.

Koordinator perkumpulan sopir truk Kaharingan Group dari CV Trimurti Jaya Perkasa Suliyono mengatakan, bantuan dari KST sangat membantu pemeliharaan truk mereka. Menurutnya, pemberian alat tersebut sangat bermanfaat agar tingkat keselamatan bagi para sopir truk meningkat

Suliyono memaparkan masalah yang kerap dialaminya dan teman-teman. "Banyak ya, di jalan ada masalah. Contohnya, patah engsel, ada bodi bolong. Dengan adanya alat ini, kami bisa memperbaikinya dengan cepat," ucapnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)