Penguasa Mangkunegaran Kembali Hadir di Tingalan Dalem Jumenengan PB XIII Hangabehi

Kamis, 16 Februari 2023 - 19:00 WIB
loading...
Penguasa Mangkunegaran Kembali Hadir di Tingalan Dalem Jumenengan PB XIII Hangabehi
Penguasa Kadipaten Mangkunegaran menghadiri Hajad Dalem Tingalan Jumenengan ke-19 SISKS Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi di Keraton Solo, Kamis (16/2/2023). Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Penguasa Kadipaten Mangkunegaran (Mangkunegoro) menghadiri Hajad Dalem Tingalan Jumenengan ke-19 SISKS Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi di Sasana Sewaka Keraton Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2023).

Kedatangan Kanjeng Gusti Adipati Anom (KGPAA) Mangkunegoro (MN) X Bhre Cakrahutomo itu menandai kembali keterlibatan Pura Mangkunegaran dalam acara Tingalan Dalem Jumenengan setelah puluhan tahun absen.



Pengageng Parentah Keraton Kasunanan KGPAA Dipo Kusuma mengatakan penguasa Mangkunegaran terkahir kali terlibat dalam acara Tingalan Jumenengan pada era MN IX sekitar tahun 1990-an.

Saat itu tampuk kekuasaan Keraton Kasunanan masih dipegang SISKS Paku Buwono (PB) XII.

"Terakhir waktu MN IX. Tahun sekitar 1990-an. Suro juga, sore itu Sinuhun tindak Mangkunegaran, tengah malam MN IX rawuh juga," ujarnya.

Menurut Gusti Dipo, kedatangan Bhre ke Tingalan Dalem Jumenengan merupakan bagian dari sinergitas antar kerajaan di Indonesia yang tergabung dalam Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN).



Tujuannya adalah untuk menghimpun kembali berbagi informasi adat dan tradisi masa lalu agar tidak kehilangan jati diri bangsa.

"Karena banyak di beberapa wilayah di Indonesia ada lembaga tradisi diantaranya biksu adat dan sebagainya. Itukan sebagai wujud daripada realitas budaya bangsa. Lha ini juga menghimpun kembali supaya jangan sampai kehilangan jati diri bangsa," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8324 seconds (0.1#10.140)