Awas! Sidak BPOM Batam Temukan Ikan Asin dan Kakap Putih Tercemar Formalin

Kamis, 16 Februari 2023 - 16:02 WIB
loading...
Awas! Sidak BPOM Batam Temukan Ikan Asin dan Kakap Putih Tercemar Formalin
Sidak BPOM Kota Batam, Kepulauan Riau ke sejumlah pasar. Hasil sidak menemukan ikan asin dan kakap putih yang mengandung formalin. Foto/Antara/Yude
A A A
BATAM - Sidak Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) ke sejumlah pasar mengungkap temuan mengejutkan. Ditemukan ikan asin dan kakap putih yang mengandung formalin atau pengawet kimia berbahaya.

Penemuan kandungan formalin itu saat sidak bersama dengan Dinas Perikanan Kota Batam dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan (BKIPM) Batam pada Rabu (15/2/2023).


“Untuk hasil sudah kami sampaikan ke Dinas Perikanan Kota Batam, memang kami temukan ada satu produk dari 52 sampel tidak memenuhi syarat yaitu mengandung formalin,” kata Kepala BPOM Batam Lintang Purba, Kamis (16/2/2023).

BPOM Batam meminta Dinas Perikanan Kota Batam untuk menindaklanjuti temuan itu.

“Karena ini merupakan hasil penjualan yang diawasi oleh pemerintah daerah, kami juga sudah menyampaikan ini ke pemerintah daerah dan itu tergantung mereka untuk melakukan penghentian peredarannya kembali,” sambungnya.

Sedangkan untuk ikan kakap putih, pihaknya bersama Karantina Perikanan terus menelusuri sumber dari formalin tersebut.



“Kami lagi fokus ke sana, karena jangan sampai ini melebar,” kata dia.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam Ridwan Afandi saat dihubungi menjelaskan bahwa sidak dilakukan di 14 lokasi pasar yang tersebar di Kota Batam.

Sidak ini berdasarkan laporan masyarakat terkait temuan ikan yang diduga mengandung bahan berbahaya.

"Kami datangi seluruh pasar yang ada di Batam dan sampelnya kami ambil. Ada yang diperiksa BPOM dan ada yang diperiksa oleh BKIPM," kata dia.

Dinas Perikanan terus berkoordinasi dengan BPOM dan BKIPM untuk hasil lebih lanjut dari hasil temuan formalin pada ikan asin dan kakap putih tersebut.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9101 seconds (0.1#10.140)