Pelajar Jatim Juara 1 Taiwan International Science Fair 2023 Berkat Ekstrak Kelor

Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
loading...
Pelajar Jatim Juara 1 Taiwan International Science Fair 2023 Berkat Ekstrak Kelor
Siswi SMAN 5 Surabaya, Nathania berhasil mengukir prestasi dalam kompetisi sains Taiwan International Science Fair (TISF) 2023.
A A A
SURABAYA - Pelajar Jawa Timur kembali mengukir prestasi internasional. Dia adalah siswi SMAN 5 Surabaya Nathania berhasil mengukir prestasi dalam kompetisi sains Taiwan International Science Fair (TISF) 2023.

Di ajang yang diikuti pelajar dari 22 negara tersebut, Nathania berhasil mendapatkan gelar first place atau juara 1 kategori Medicine and Health Science.

Penelitiannya tentang ekstrak kelor, Nathania sekaligus menjadi satu-satunya pelajar Indonesia yang sukses mendobrak keketatan kompetisi bergengsi itu sejak digelar enam tahun lalu.

Dalam ajang TISF 2023 ini, Nathania mengusung inovasinya tentang ekstrak daun kelor bertajuk Moringa Extract (Moringa Oliefera) based Silver Nanoparticle Sisal Fabric as Antibacterial Againts Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus. Inovasi ini dinilai paling inovatif sehingga sukses mengantarkan Nathania mengalahkan 21 negara dunia.

Baca juga: Viral Duel 2 Siswi SMA di Konawe, Dipicu Bau Kaus Kaki

Nathania mengungkapkan, prestasi tersebut dia raih ketika mengikuti Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) pada 2022 lalu. Saat itu, Nathania meneliti silver moringa berbahan ekstra kelor untuk melawan bakteri salmonela penyebab tifus.

Penelitian ini kemudian dikembangkan untuk melawan MRSA yang merupakan bakteri patogen sangat mematikan. Bakteri MRSA muncul karena penggunaan antibiotik berlebihan di ruang ICU. Meski ada obat untuk melawan bakteri ini, namun harganya cukup mahal, yakni satu tabletnya Rp1,4 juta. “Saya meneliti ekstra kelor dengan didukung berbagai jurnal. Ditemukan kandungan flavonoid, saponin dan alkoloid pada ekstrak kelor untuk melawan MRSA,” ujar Nathania, Kamis (16/2/2023).

Sebelumnya Nathania juga merupakan peraih medali perak pada ajang National Science Fair for Indonesian Adolescets atau NASFIA 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) secara online pada bulan November 2022 silam.

Topik penelitian yang dipilih Nathania yang memanfaatkan bahan-bahan lokal yang ada di masyarakat Indonesia daun kelor dan kain sisal mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

“Ada semangat inovasi dari seorang Nathania. Dimana penelitian yang dia lakukan sarat akan upaya memberikan solusi dan inovasi yang tentunya bermanfaat untuk keilmuan,” kata Khofifah, Kamis (16/2/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2812 seconds (0.1#10.140)