Asal usul Nama dan Sejarah Bojonegoro, Daerah yang Disukai VOC di Indonesia

Rabu, 15 Februari 2023 - 16:14 WIB
loading...
Asal usul Nama dan Sejarah Bojonegoro, Daerah yang Disukai VOC di Indonesia
Bojonegoro merupakan salah satu wilayah kabupaten yang masuk dalam bagian Provinsi Jawa Timur. Foto DK Kab Bojonegoro
A A A
JAKARTA - Bojonegoro merupakan salah satu wilayah kabupaten yang masuk dalam bagian Provinsi Jawa Timur . Luas wilayah Kabupaten Bojonegoro mencapai 2.307,06 km2 yang kemudian terbagi menjadi 28 kecamatan, 11 kelurahan dan 419 desa.

Dengan luas yang dimiliki membuat Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten terluas di Jawa Timur. Dalam pembentukannya menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Timur, Bojonegoro memiliki rangkaian sejarah yang menarik untuk dibahas seperti asal usul nama dan sejarah pembentukan wilayah administrasi.

Baca juga : Mengenal Asal usul dan Sejarah Nama Ponorogo Kota Reog yang Melegenda

Sejarah Kabupaten Bojonegoro

Dikutip dari laman resmi pemerintahannya, sejarah Indonesia mencatat kehidupan bangsanya pada abad ke I telah mendapatkan pengaruh kuat dari kebudayaan Hindu yang datang dari India.

Hingga pada abad ke 16, Bojonegoro juga termasuk wilayah yang kuat akan kebudayaan hindu. Terlebih pada masa itu sebagian besar wilayahnya dikuasai oleh Kerajaan Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan-penemuan benda-benda bersejarah dari Majapahit.

Namun setelah Kerajaan Majapahit runtuh dan Kerajaan Demak menguasainya, sebagian besar wilayah Bojonegoro tidak lagi menganut kebudayaan Hindu. Pergeseran nilai budaya dan tata masyarakatnya sudah beralih ke kebudayaan baru yakni, budaya dari ajaran Islam.

Raden Patah, Senopati Jumbun, Adipati Bintoto kemudian diresmikan sebagai raja I pada awal abad XVI dan sejak itu resmi wilayah Bojonegoro berada di bawah kedaulatan Kerajaan Demak.

Peralihan kekuasaan pun kembali terjadi, pada tahun 1568 Kerajaan Pajang dengan Raja Raden Jaka Tingkir berhasil menguasai wilayah Bojonegoro yang disertai dengan pergolakan besar.

Baca juga : Asal Usul Nama dan Sejarah Pasuruan, Kota Pelabuhan yang Melegenda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)