PKB Usung Airin Maju di Pilkada Tangsel

Senin, 13 Juli 2015 - 22:33 WIB
PKB Usung Airin Maju di Pilkada Tangsel
PKB Usung Airin Maju di Pilkada Tangsel
A A A
JAKARTA - Dualisme kepengurusan Partai Golkar yang tak kunjung usai, berdampak buruk bagi partai berlambang pohon beringin tersebut. Sejumlah kader potensial memilih hengkang, salah satunya Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany yang memilih pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Bu Airin ikut PKB, saya menghargai Bu Airin berkenan hadir di acara Akademi Politik Kebangsaan (Akpolbang). Itu merupakan bentuk penghargaan terhadap PKB," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB Abdul Kadir Karding di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2015).

Menurut Karding, yang dilakukan dalam Akpolbang adalah mengenalkan PKB dan cara-cara partai ini mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Termasuk prinsip dan program yang menjadi fokus PKB dan sesuai dengan prinsip-prinsip politik partai itu.

"Bu Airin sudah kami rekomendasi. Sudah dapat rekomendasi untuk maju. Jadi semua yang diundang kemarin adalah orang yang sudah mendapat rekomendasi," ujarnya.

Mantan Ketua Komisi VIII DPR RI mengaku, tidak mempersoalkan bila nanti PKB akan berkoalisi dengan Partai Golkar saat pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015.

"Tidak ada masalah, kami memang harus berkoalisi. Jadi sekali lagi tidak ada masalah. Usulan koalisi lebih pada lokal kalau nasional memang terlalu banyak, sulit untuk diingat," ucapnya.

Sejauh ini, PKB telah menjaring dan menggelar fit and proper test terhadap 250 calon kepala daerah baik incumbent maupun non incumbent untuk gubernur, wali kota dan bupati yang akan bertarung pada pilkada serentak nanti.

"Memang kami harus mendorong kekuatan cabang dan wilayah untuk memenangkan jago-jagonya, karena serempak jadi energi betul-betul diatur," tuturnya.

Karding menyebutkan, calon incumbent yang telah memilih bergabung dengan PKB sudah lebih dari 60%. Meski demikian, kata dia, partai ini tetap membuka peluang kepada partai lain untuk berkoalisi, termasuk dengan partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

"Semua partai kami jajaki berkoalisi, ada yang dengan PKS, Gerindra dan PAN termasuk dengan KIH. Tergantung lokalitas masing-masing. Dengan PAN misalnya di Kalimantan Tengah, gubernurnya dari PAN. Dengan PKS dibeberapa daerah di Jawa misalnya di Gresik, Sidoarjo. Dengan Golkar juga banyak misalkan di Kabupaten Malang," bebernya.

PILIHAN:

Strategi Airin untuk Bertahan di Kursi Tangsel 1


Pemkot Tangsel Janji ke KPU Dana Pilkada Cair Lusa
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4465 seconds (0.1#10.140)