Miris, Pria di OKU Timur Harus Jual Rumah untuk Bayar Uang Rumah Sakit sang Ayah

Rabu, 15 Februari 2023 - 04:11 WIB
loading...
Miris, Pria di OKU Timur Harus Jual Rumah untuk Bayar Uang Rumah Sakit sang Ayah
Tampak foto warga yang sakit. (Ist)
A A A
OKU TIMUR - Nurwan (33), warga Kelurahan Veteran Jaya, Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur rela menjual rumahnya. hal itu dilakukan Nurwan demi melunasi biaya pengobatan ayahnya, Midi (61).

Nurwan mengatakan, bahwa ayahnya menderita infeksi usus besar. Akibat penyakit tersebut, membuat Midi hanya mampu berbaring di tempat tidurnya saja selama berhari-hari. Kondisi memprihatinkan ini berlangsung sejak empat bulan lalu.

"Awalnya ayah saya mengalami sakit pada perutnya, namun sakitnya itu tak kunjung sembuh dan memaksa ayahnya hanya terbaring lemas di tempat tidur," ujar Nurwan, Selasa (14/2/2023).

Meskipun segala upaya sudah ditempuh demi kesembuhan sang ayah, namun upayanya tersebur tak jua membuahkan hasil, ayahnya masih saja mengalami sakit pada perutnya.

"Kalau sakitnya sudah empat bulan yang lalu, kami juga telah berupaya berobat kesana kemari untuk kesembuhan bapak, tapi belum membuahkan hasil," jelasnya.

Diungkapkan Nurwan, bahwa keluarga sempat membawa ayahnya ke rumah sakit At-Taqwa di Belitang untuk mengobati sakit yang diderita. Ayahnya sengaja dibawa ke Belitang untuk berobat karena semakin hari semakin memburuk.

"Di Rumah Sakit At-Taqwa, ayah sempat dirawat inap selama 17 hari. Namun, karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu akhirnya ayah dirawat di rumah saja," jelasnya.

Namun, saat sudah pulang ke rumah alangkah terkejutnya Nurwan dan keluarga saat melihat biaya pengobatan yang terbilang fantastis dan harus dilunasinya.

"Kami juga terkejut melihat biaya yang harus dikeluarkan selama di rawat di sana, nilainya sampai ratusan juta. Tapi, karena ada keringanan dari rumah sakit, kami pun hanya diminta membayar Rp87 juta saja," jelasnya.

Diakui Nurwan, meskipun pihak rumah sakit telah memberi keringanan biaya pengobatan untuk ayahnya, namun biaya dengan jumlah seperti itu sangatlah besar bagi keluarga mereka.

Karena sudah tidak memiliki uang, Nurwan pun terpaksa menjual rumah miliknya dan laku terjual Rp30 juta. "Baru terkumpul 30juta. Itu pun hanya untuk uang muka yang dibayar, agar bapak bisa pulang dari rumah sakit," jelasnya.

Baca: Diperkosa 5 Pria, Siswi Kelas 1 SMA di Padang Lawas Utara Hamil 5 Bulan.

Sementara itu, Kepala Poskesos Kelurahan Veteran Jaya Martapura, Dodi Yulianto mengatakan, bahwa keluarga pak Midi sangat membutuhkan uluran tangan, karena masih ada sisa pembayaran di rumah sakit yang belum bisa dilunasi.

"Uang yang baru dibayar memang Rp30 juta, masih ada sisa sebesar Rp57 juta lagi yang harus dibayarkan oleh pak Midi," jelasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)