Asal-usul Nama dan Sejarah Jombang, Kabupaten yang Dulunya Menyatu dengan Mojokerto

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:53 WIB
loading...
Asal-usul Nama dan Sejarah Jombang, Kabupaten yang Dulunya Menyatu dengan Mojokerto
Ringin contong menjadi salah satu ikon Jombang yang masih ada hingga sekarang.Foto/ist
A A A
JOMBANG - Kabupaten Jombang merupakan salah satu wilayah yang berada di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Jombang merupakan kabupaten termuda yang dibentuk pada 1910.

Dalam perjalanannya, terdapat rangkaian sejarah yang menarik untuk dibahas diantaranya mengenai asal usul nama hingga pembentukan wilayah administrasi.

Asal-usul Nama Jombang
Setelah meredupnya pemerintahan Kerajaan Majapahit, kondisi di daerah Jombang menjadi penuh dengan kekacauan. Salah satunya dengan kemunculan Surontanu sebagai penjahat sakti yang tak tertandingi membuatnya sangat ditakuti masyarakat.

Berdasarkan pada cerita rakyat yang ada, konon wilayah jombang menjadi lokasi pertarungan antara Kebo Kicak dan Surontanu, petarung sakti yang tersohor di daerahnya.

Sebuah masalah muncul ketika peliharaan banteng milik Surontanu diduga memiliki siluman yang menyebabkan kemunculan sebuah penyakit aneh. Penyakit itu menimbulkan pagebluk karena sulit sekali untuk disembuhkan oleh berbagai macam obat.

Penderita yang mengeluhkan sakitnya di siang hari, maka tepat pada malam harinya meninggal dunia, begitu pula sebaliknya. Untuk memusnahkan siluman penyebab penyakit tersebut, diutuslah Kebo Kicak untuk menangkapnya.

Nama Kebo disematkan karena memang ia dikutuk menjadi seekor kerbau oleh orang tuanya karena sifatnya yang sangat durhaka. Kebo Kicak yang telah dikutuk itu memang sering berpindah tempat hingga membuatnya bertemu dengan seorang kyai yang mengarahkan untuk bertobat.

Baca juga: Pemberian Gelar Bapak Pembangunan Adalah Operasi Intelijen untuk Hentikan Kekuasaan Soeharto

Kemudian Kyai tersebut meminta Kebo Kicak menggunakan kekuatannya untuk melawan Surontanu demi mengakhiri penderitaan warga karena penyakit tersebut. Setelah mendengar perintah tersebut, Kebo Kicak lalu menuruti perintah dengan berangkat bertarung dengan Surontanu.

Pertarungan diantara keduanya berlangsung sengit dan saling mengeluarkan kekuatannya masing-masing. Sehingga mengeluakan cahaya yang berwarna hijau (ijo) dan merah (abang).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)