Operasi Anoa Digelar, 10 Anggota Polisi di Kolaka Utara Terjaring Razia

Rabu, 08 Februari 2023 - 15:53 WIB
loading...
Operasi Anoa Digelar, 10 Anggota Polisi di Kolaka Utara Terjaring Razia
Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Sektor (Polres) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara menggelar Operasi Keselamatan Anoa (OKA) 7-20 Februari 2023. Foto SINDOnews
A A A
KOLAKA UTARA - Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Sektor (Polres) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara menggelar Operasi Keselamatan Anoa (OKA) 7-20 Februari 2023. Tercatat, 10 anggota diantaranya terjaring razia karena tidak mengantongi STNK, SIM, TNBK tidak berlaku hingga tidak dilengkapi spion kendaraan.

Kasi Propam Polres Kolut, Ipda Ilham Lahi mengatakan, razia dimulai dari lingkup internal kepolisian setempat oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam). "Kendaraan didata dan dilaporkan ke pimpinan," ujar Ipda Ilham, Rabu (8/2/2023).


Sesuai instruksi pimpinanya, penegakan, penertiban dan disiplin (Gaktiplin) harus diawali di internalnya sebelum Operasi Keselamatan Anoa diberlakukan kepada masyarakat. Polri ditekankan harus menjadi contoh yang baik.

Operasi Keselamatan Anoa di Kolut secara hunting tanpa menetap di satu titik saja. Meski dominan mengambil cara preemtif dan prevemtif, langkah penindakan tetap diberlakukan bagi pengendara atau pengemudi kategori pelanggaran berat.

Waka Polres Kolut, Kompol Muhammad Sofwan Rosyidi usai menyiagakan pasukan OKA 2023 mengatakan, fokus operasi guna menekan angka kecelakaan di jalan raya. Beberapa item penindakan di lapangan hingga 20 Februari mendatang meliputi tidak mengenakan helm, melawan arus, knalpot brong dan berboncengan lebih dari satu orang. "Penindakan 20 persen," katanya.

Demikian juga saat berkendara melebihi batas kecepatan, anak dibawah umur, menggunakan hanphone, dipengaruhi alkohol hingga tidak mengenakan sabuk keselamatan juga diincar.

Ia juga menghimbau para orang tua agar mengedukasi anak-anaknya agar menghindari aksi kebut-kebutan maupun balapan liar di jalan raya. "Jika terjaring razia pasti disita anggota kendaraannya karena membahayakan nyawanya dan orang lain," pungkasnya.

Untuk diketahui, gelar pasukan OKA 2023 juga melibatkan jajaran dari Bataliyon C Pelopor Brimob Polda Sultra, Koramil 1412/03 Lasusua, Dishub, BPBD, Pol PP hingga nakes.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)