Misteri Keris Mpu Gandring yang Menewaskan 7 Keturunan Ken Arok

Rabu, 08 Februari 2023 - 06:10 WIB
loading...
Misteri Keris Mpu Gandring yang Menewaskan 7 Keturunan Ken Arok
Keris Mpu Gandring merupakan pusaka termasyhur dalam sejarah berdirinya Kerajaan Singasari. (Ist)
A A A
KERIS Mpu Gandring merupakan pusaka termasyhur dalam sejarah berdirinya Kerajaan Singasari. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elite Singasari. Di mana salah satu korbannya termasuk Ken Arok yang merupakan pendiri dan penggunanya.

Keris Mpu Gandring dibuat atas pesanan Ken Arok. Permintaannya harus jadi dalam satu malam. Pekerjaan berat ini mustahil bisa dirampungkan seorang mpu (pandai besi yang sakti).

Namun Mpu gandring menyanggupinya dengan segenap kekuatan gaib dan kemampuan yang dimiliki. Untuk mewujudkan pesanan keris selesai dikerjakan dalam satu malam, konon Mpu Gandring melakukan tirakat, puasa dan ritual khusus sebelum memilih bahan untuk membuat keris tersebut agar keris tersebut bertuah.

Mpu Gandring memilih batu meteor sebagai bahan untuk kerisnya sehingga memiliki aura yang tinggi.

Setelah, keris terbentuk, Mpu Gandring mencelupkan keris (yang masih panas) tersebut ke dalam bisa ular. Selanjutnya, setelah menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu.

Mpu Gandring menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris tersebut. Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan harus diambil.

Namun Mpu gandring belum menyelesaikan sarung kerisnya. Ken Arok menguji keris tersebut. Keris itu juga ditusukkan pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji.

Sarung keris belum selesai dibuat. Ken Arok juga ingin menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si pembuat keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya).

Mpu Gandring dalam kondisi sekarat mengeluarkan kutukan. Dia mengatakan, keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singasari.

Tunggul Ametung Terbunuh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)