Waspada! Aktivitas Gunung Api Karangetang Alami Peningkatan Guguran Lava

Selasa, 07 Februari 2023 - 20:21 WIB
loading...
Waspada! Aktivitas Gunung Api Karangetang Alami Peningkatan Guguran Lava
Aktivitas Gunung Api Karangetang yang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara terpantau mengalami peningkatan. Foto: Istimewa
A A A
SITARO - Aktivitas Gunung Api Karangetang yang berada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro ( Sitaro ) Sulawesi Utara mengalami peningkatan. Karena itu, warga di sekitar gunung diminta waspada.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Karangetang, Yudia Prama Tatipang mengatakan bahwa aktivitas Karangetang mengalami peningkatan longsoran atau guguran lava



"Longsoran diakibatkan dari tekanan gas yang mendorong sumbat lava yang ada di puncak kawah utama kemudian jatuh dan meluncur ke arah barat yaitu kali Batang dan Beha Barat di Desa/Kelurahan Dompase dan Mini sedangkan arah Selatan/Tenggara yaitu kali Batuawang dan Kahetang di Desa/Kelurahan Bebali dan Tarorane," tuturnya, Selasa (7/2/2023)



Untuk itu kata dia, bagi warga yang beraktivitas atau berkebun di ketinggian lebih kurang 600 meter dari permukaan laut harus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman awan panas yang sewaktu waktu dapat terjadi.



Meski demikian kata dia, tingkat aktivitas Gunung Api Karangetang masih berada pada level 2 waspada. "Belum ada peningkatan status, masih tetap level 2 waspada," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)