Nahdliyin Senang, Masjid di Sekitar Stadion Gelora Delta Sediakan Makan dan Minum Gratis

Selasa, 07 Februari 2023 - 13:35 WIB
loading...
Nahdliyin Senang, Masjid di Sekitar Stadion Gelora Delta Sediakan Makan dan Minum Gratis
Kawasan Stadion Gelora Delta Sidoarjo tumpah ruah dengan warga nahdliyin dan masyarakat yang ingin menghadiri Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU, Selasa (7/2/2023). Foto/SINDOnews/Abdul Hakim
A A A
SIDOARJO - Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) tumpah ruah dengan warga nahdliyin dan masyarakat yang ingin menghadiri Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU.

Jalan-jalan utama maupun alternatif menuju kawasan Delta juga kian padat dengan pemandangan lautan putih para jamaah. Untuk membantu kelancaran pergerakan jamaah dan lalu lintas, ribuan personel polisi, TNI dan Banser tampak berjaga di berbagai titik.


Jutaan warga nahdliyin yang menghadiri resepsi puncak 1 Abad NU membuat keberkahan para penjual makanan. Namun saking banyaknya jamaah, tak sedikit warung-warung itu kehabisan dagangannya.

Beruntung, para jamaah tak sampai kelaparan. Sebab, masjid maupun musala di sekitar Stadion Gelora Delta umumnya menyediakan makanan dan minuman gratis bagi jamaah. Ini seperti tampak di sejumlah masjid di kawasan Perumahan Kahuripan, Sumput.

Di Masjid Al Chusaini ini, sajian makan dan minuman gratis laris manis. Sejak Senin (6/2/2023) malam, takmir masjid setempat menyediakan aneka konsumsi untuk warga nahdliyin.

Takmir memasang meja di sisi kanan masjid. Di atas meja, tampak tersedia tumpukan snack dalam bungkus kertas cokelat. Di sampingnya, juga ada dua baskom besar berisi sayur dan ikan goreng. Nasi juga tersedia penuh di sebuah kontainer.



"Monggo, silakan ambil makanannya dan istirahat di sini," ujar Haryono, salah satu pengurus takmir Masjid Al Chusaini.

Lokasi masjid ini berjarak sekitar 2 kilometer dari Stadion Gelora Delta. Namun sejak Senin malam, ribuan jamaah singgah di tempat ini. Selain untuk salat, banyak jamaah yang istirahat dan makan di tempat ini.

"Saya datang tadi malam terus istirahat di sini," kata Dimas, salah satu jamaah asal Nganjuk.

Soal makanan dan minuman, Haryono mengungkapkan, seluruhnya merupakan sedekah dari warga sekitar masjid. Warga secara sukarela menyediakan makanan berbagai jenis.

"Tidak ada permintaan khusus, pokoknya apa yang mereka kasih langsung kita bagikan," terangnya.

Selain di Masjid Al Chusaini, pemandangan tak jauh beda juga terlihat di Masjid Baiturrahman. Jamaah antusias beristirahat dan menikmati beragam sajian konsumsi sembari mendengarkan berlangsungnya rangkaian acara di dalam stadion Gelora Delta yang disiarkan langsung.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)