Gajah Ngamuk di Aceh Tengah, 50 Keluarga Terpaksa Mengungsi

Senin, 06 Februari 2023 - 04:25 WIB
loading...
Gajah Ngamuk di Aceh Tengah, 50 Keluarga Terpaksa Mengungsi
Warga memakamkan jenazah Supri (40) warga Kampung Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, yang tewas akibat serangan gajah liar. Foto/MPI/Yusradi
A A A
ACEH TENGAH - Kawanan gajah liar mengamuk di permukiman warga di Dusun Simpang Tiga, Kampung Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Akibatnya, Supri (40) warga Kampung Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, tewas terinjak gajah.



Saat kawanan gajah liar tersebut mengamuk, korban bersama enam temannya tengah bekerja memperbaiki sebuah rumah di Dusun Simpang Tiga. Korban tak sempat menghindar dari serangan gajah liar tersebut, hingga tewas di lokasi kejadian.



Sementara dua korban lainnya berhasil selamat, namun masih harus menjalani perawatan intensif di RSUD Datu Beru Takengon, akibat luka yang diakibatkan oleh serangan kawanan gajah tersebut.



Serangan gajah liar hingga memakan korban jiwa, bukan pertama kali terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Pada 4 Juli 2021 lalu, Abdurrahman (50) warga Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, juga mengalami nasib yang sama.

Abdurrahman tewas akibat luka parah yang dialami karena diinjak gajah liar. Korban diserang gajah liar, ketika berupaya menggiring seekor gaja h keluar dari permukiman warga.

Konflik g ajah dan manusia di kawasan tersebut, sudah berlangsung lama. Warga merasa terancam dan trauma, dengan kehadiran kawanan gajah liar masuk ke pemukiman. Bahkan, pada 1 Desember 2022 lalu, ratusan warga dari Kampung Bergang dan Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, pernah menyuarakan kegelisahan mereka ke Gedung DPRK.



Mereka meminta pemerintah bertindak cepat, menggiring kawanan gajah liar ke kawasan Hutan Genengang, dan memasangan kawat kejut agar kawanan gajah tersebut tidak kembali lagi ke perkampungan.

Reje Kampung Kekuyang, Ramli mengatakan, setelah terjadinya serangan gajah liar yang menyebabkan satu orang tewas dan dua orang dirawat di rumah sakit akibat mengalami cidera. Saat ini puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi.

"Ada sebanyak 50 kepala keluarga di lokasi itu, telah turun ke kampung karena takut dengan serangan gajah. Sejak tiga hari yang lalu, sudah enam unit rumah kebun milik warga dirusak gajah di sana," ucap Rusli.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2543 seconds (0.1#10.140)